Breaking News:

Press Release

Berkas Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis Nurhadi Sudah P21, Pengacara Berharap Pelaku Lain Diusut

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menyatakan berkas perkara kasus kekerasan terhadap jurnalis Nurhadi sudah dinyatakan lengkap atau P21.

Penulis: Eben Haezer Panca | Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Sejumlah jurnalis di Surabaya menggelar aksi solidaritas menolak aksi kekerasan terhadap jurnalis. Aksi ini digelar di depan Gedung Negara Grahadi pada 29 Maret 2021 silam 

SURYAMALANG - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menyatakan berkas perkara kasus kekerasan terhadap jurnalis Nurhadi sudah dinyatakan lengkap atau P21.

Informasi ini disampaikan pengacara Nurhadi, Fatkhul Khoir.

Dia mengatakan, penyidik Polda Jatim telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang menyatakan bahwa berkas perkasa kasus tersebut telah dinyatakan lengkap.

Surat itu tertanggal 13 Agustus 2021. Rencananya, pelimpahan tahap dua akan di serahkan pada 19 Agustus 2021.

"Sebelumnya sempat dinyatakan P19 atau belum lengkap dan dikembalikan oleh Kejaksaan ke penyidik Polda Jatim. Kami bersyukur sekarang sudah dinyatakan lengkap sehingga kasus ini bisa naik ke tahapan berikutnya," ujar Fatkhul Khoir, Jumat (13/8/2021) malam.

Meski bersyukur karena berkas perkara sudah dinyatakan lengkap oleh Kejati Jawa Timur, pria yang akrab dipanggil Djuir ini mendesak agar pihak Kajati melakukan penahanan terhadap dua tersangka tersebut dan berharap agar polisi mengusut para pelaku lainnya.

Sebab sejauh ini penyidik baru menetapkan 2 tersangka yakni Purwanto dan Firman. Keduanya adalah anggota Polri yang bertugas di Jawa Timur.

Bagi Juir, berbagai barang bukti yang telah dipegang penyidik serta reka ulang yang telah berlangsung sebelumnya, telah menunjukkan secara terang benderang bahwa para pelakunya bukan hanya Purwanto dan Firman.

"Kami berharap polisi juga mengusut pelaku lain yang terlibat, termasuk orang-orang yang berada di balik layar atau memerintahkan pelaku untuk melakukan penganiayaan tersebut," ujar Juir.

"Jangan sampai dua orang yang kini jadi tersangka, itu dijadikan tumbal untuk menutupi keterlibatan pelaku lainnya," imbuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved