Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pemkot Malang Beri Bantuan Hibah Keuangan Parpol Senilai Rp 3,2 Miliar

Pemerintah Kota Malang telah memberikan bantuan hibah keuangan kepada partai politik (parpol) di Kota Malang sebesar Rp 3,2 Miliar.

Pemkot Malang
Wali Kota Malang Sutiaji saat melakukan penandatanganan hibah bantuan keuangan parpol di Balaikota Malang, Kamis (16/9/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Pemerintah Kota Malang telah memberikan bantuan hibah keuangan kepada partai politik (parpol) di Kota Malang sebesar Rp 3,2 Miliar.

Bantuan keuangan ini bersumber dari APBD yang diberikan secara proporsional kepada partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten/Kota yang perhitungannya berdasarkan perolehan jumlah suara sah hasil pemilu.

Hal ini sudah sesuai dengan Permendagri 36 tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Wali Kota Malang, Sutiaji, menjelaskan bahwa jumlah bantuan keuangan yang diterima partai politik pada tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.  

“Peningkatannya dua kali lipat. Dana bantuan partai dari yang semula 3.500 rupiah per suara menjadi 7.500 rupiah,” ucap Sutiaji, pada Kamis (16/9/2021). 

Sutiaji mengatakan, kenaikan hibah bantuan Parpol tersebut sudah melalui persetujuan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses pengajuan telah dilakukan per Februari 2021 ke Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan persetujuan.

Sejalan dengan itu, bantuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas parpol dalam kehidupan demokrasi di Kota Malang. 

Salah satu caranya melalui edukasi politik baik bagi masyarakat maupun anggota parpol.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved