Launching TribunMataraman

Sering ke Kementerian PUPR Jadi Cara Mas Dhito Pastikan Pembangunan Bandara Kediri dan Jalan Tol

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sering road show ke Kementerian PUPR demi pastikan pembangunan Bandara Kediri dan jalan tol.

Penulis: Farid Farid | Editor: isy
TribunMataraman.com
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dalam sesi launching Tribunmataraman.com memaparkan progres pembangunan Bandara Kediri Jumat (17/9/2021). 

Berita Kediri Hari Ini
Reporter: Farid Mukarrom
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ungkap sering melakukan road show ke Kementerian PUPR demi pastikan pembangunan Bandara dan Jalan Tol berjalan lancar.

Mas Bup sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan dalam sesi sebagai narasumber Launching Tribunmataraman.com mengatakan, bahwa dirinya satu-satunya kepala daerah yang aktif datangi Kementerian PUPR.

"Saya bisa dibilang bupati yang paling sering ke Kementerian PUPR. Mulai dirjen Bina Marga, sumber daya alam, cipta karya dan perumahan selalu saya kunjungi," ujarnya Jumat (17/9/2021).

Hanindhito Himawan Pramana yang juga merupakan putra Menseskab Pramono Anung itu mengatakan bahwa Bandar Kediri merupakan bandara pertama swasta yang ada di Indonesia.

"Bandara ini juga dibangun untuk menopang rmbarkasi haji yang ada di Surabaya, karena begitu banyaknya jamaah, maka diharapkan Bandara Kediri ini bisa menopang jamaah haji dari Mataraman," ucapnya.

Lanjut menjelaskan Mas Bup, bahwa dalam pembangunan Bandara Kediri, pihaknya sangat memperhatikan aspek lingkungan dan sosial.

"Bandara sendiri sudah mulai masuk proses pembangunan rune way dibangun dan drainase sudah ditata," tuturnya.

"Jadi kalau pak wali (Wali Kota Kediri, red) khawatir banjir, insya Allah kita pikirkan itu betul. Bandara ini tak akan menyebabkan banjir begitupun juga jalan tol," imbuh Mas Bup.

Sementara itu untuk menunjang Pembangunan Bandara, Mas Bup juga menuturkan bahwa pihaknya saat ini tengah membahas proyek lain yakni Tol Kediri Tulungagung dan Kediri Kertosono.

"Terkait Tol Kediri Tulungagung Ketorsono akan melewati dua kecamatan di Kabupaten Kediri yakni Banyakan dan Grogol. Estimasi akan beroperasi pada tahun 2023," tuturnya.

Mas Bup menerangkan jika nantinya untuk Tol Kediri Tulungagung akan dibangun oleh Pihak Swasta.

"Baru saya komunikasi dengan direksi gudang garam terkait pembangunan Kediri Tulungagung, rencananya 2021 mulai ekskusi pembebasan lahan. Konstruksi dikerjakan 2022 dan 2023 diperkirakan akan selesai," terangnya.

Selain membangun infrastruktur, Mas Bup juga memperhatikan aspek lain mengenai potensi di Kabupaten Kediri, salah satunya dengan menggenjot produktivitas UMKM dan Pertanian.

"Jadi apa yang kami lakukan selain UMKM, kita juga lakukan revitalisasi pertanian.Maka kami bagi menjadi empat golongan, pertama Agropolitan Ngawasondat, Palempari, Pakanpucung, dan Segobatam," ucapnya.

Nantinya nama golongan itu disesuaikan dengan potensi di wilayahnya seperti Ngawasondat (Ngancar, Wates, Plosoklaten, Kandat, Ringinrejo, Ngadiluwih, dan Kras), dimana produk wilayah unggulan daerah itu adalah nanas.

"Jadi kita ploting setiap daerah produk unggulannya, agar apa begitu bandara sudah ada saya berharap Kabupaten Kediri bisa siap. Dan mungk kita akan kolaborasi dengan Kota Kediri," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved