Breaking News:

Launching TribunMataraman

Wagub Jatim Emil Dardak: Pembangunan Kawasan Mataraman Jadi Pendorong Ekonomi Masyarakat

Wagub Jatim, Emil Dardak, saat menghadiri peluncuran TribunMataraman.com yang dikemas dalam talkshow nasional

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: isy
TribunMataraman.com
Wagub Jatim, Emil Dardak, saat menghadiri peluncuran TribunMataraman.com yang dikemas dalam talkshow nasional bertema 'Percepatan Pembangunan Perekenomian Wilayah Mataraman', Jumat (17/9/2021). 

Berita Surabaya Hari Ini
Reporter: Fatimatuz Zahro
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - TribunMataraman.com resmi diluncurkan dalam ajang yang dikemas dalam talkshow nasional bertema Percepatan Pembangunan Perekenomian Wilayah Mataraman, Jumat (17/9/2021). 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berkesempatan khusus hadir dalam ruang virtual talkshow nasional tersebut dan memaparkan sejumlah rencana pembangunan di kawasan Mataraman

Emil, begitu ia biasa disapa, memaparkan bahwa kawasan mataraman adalah kawasan strategis di Jawa Timur yang akan banyak menjadi sasaran pembangunan di tahun tahun ke depan. 

“Jadi pada intinya kawasan mataramn ini memiliki tantangan sendiri. Gunung Wilis dikelilingi enam kabupaten ditambah selingkarnya totalnya 13 daerah termasuk Pacitan Ngawi Magetan. Daerah ini tidak bisa hanya menggunakan pendekatan industri yang ekstensif. Karena harus menjaga kawasan konservasi, hutan-hutan dan kawasan lereng,” kata Emil Dardak.

Karena kawasan ini saling terkait satu sama lain, maka pada tahun 2016 lalu, Bupati di 13 wilayah tersebut sepakat untuk mendorong salah satunya pengembangan aksesibilitas termasuk adanya bandara baru di kawasan mataraman. 

Usulan tersebut akhirnya disetujui Presiden Joko Widodo yang kemudian di tahun 2019 dikukuhkan lagi dengan terbitnya Perpres 80 Tahun 2019.

Dari tiga poros percepatan pembanguanan ekonomi Jawa Timur itu, salah satunya adalah pembangunan selingkar wilis dan lintas selatan. 

Di perpres tersebut ada ratusan proyek yang digadang akan direalisasikan di kawasan mataraman dan selingkar wilis yang tentunya diharapkan menjadi pelecut perkembangan ekonomi masyarakat di sana.

“Tantangan berikutnya adalah bagaimana bisa merealisasikan setelah pandemi covid-19. Karena anggaran terbatas kemudian tentunya ada banyak prioritas program yang tertunda,” ucap Emil Dardak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved