Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Fairuziba Bolen Malang Justru Berjaya di Masa Pandemi, Pangsa Pasar Makin Luas Hingga Luar Negeri

Pemilik Fairuziba Bolen Malang, Ismiati Sholikah mengaku kue produksi rumahnya di Jalan Ikan Teri, Tunjungsekar, Lowokwaru Malang go internasional

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dyan Rekohadi
TribunJatim/ Kukuh Kurniawan
Ismiati Sholikah saat menunjukkan Fairuziba Bolen Malang produksinya. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Di tengah masa pandemi Covid, pangsa pasar jajanan Fairuziba Bolen Malang justru makin luas.

Pemilik Fairuziba Bolen Malang, Ismiati Sholikah mengaku kue yang diproduksi di rumahnya di Jalan Ikan Teri, Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang itu justru bisa tembus pangsa pasar internasional.

"Iya memang benar. Tahun lalu, saya mendapatkan orderan dari Hongkong," ujar Ismiati , Sabtu (18/9/2021).

Ia menjelaskan, menggeliat bisnisnya itu saat pandemi, karena ia mengaktifkan berjualan di media sosial.

"Saya sempat belajar digital marketing juga, dan alhamdulillah benar-benar bermanfaaat untuk pengembangan bisnis saya. Dari situ, orderan pun mulai berdatangan dari beberapa daerah yang jauh, seperti Papua dan Kalimantan," jelasnya.

Dirinya menerangkan, kue home madenya itu sampai dikirim ke luar negeri, yakni pesanan dari Hongkong hingga 10 kali.

Dalam pengiriman ke luar negeri itu, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari, dan itu karena mereka mengetahui produk buatannya itu dari sosial media.

"Padahal selama ini, bisnis saya memang kurang berkembang. Kemungkinan karena selama kurang lebih 1,5 tahun lamanya, sejak 2018 saya hanya mengandalkan jualan secara offline, hanya promosi dari mulut ke mulut," jujurnya.

Namun, berkat ketelatenan dan tetap konsisten, pada pertengahan 2019, bisnisnya itu mulai dilirik toko oleh-oleh, bukan hanya di Malang saja melainkan juga di Jawa timur. Yakni, di 3 rest area di Jalan Tol Surabaya dan Mojokerto.

Sejak mulai berkembang itu, perempuan berusia 43 tahun itu juga sudah mengurus ijin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan izin halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved