Breaking News:

Waspada Gangguan Mental Saat Lakukan Isolasi Mandiri, Risiko 1 dari 5 Pasien Covid-19 Bisa Mengalami

Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet mengungkap jika sekitar 20 persen pasien Covid-19 mengalami masalah mental. 

Penulis: Frida Anjani | Editor: Dyan Rekohadi
Tribunnews
Waspada Gangguan Mental Saat Lakukan Isolasi Mandiri, Risiko 1 dari 5 Pasien Covid-19 Bisa Mengalami 

SURYAMALANG.COM - Waspada alami gangguan mental bagi pasien Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri

Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet mengungkap jika sekitar 20 persen pasien Covid-19 mengalami masalah mental

Masalah itu bahkan bisa terjadi hingga berminggu-minggu. 

Masalah mental yang bisa terjadi seperti depresi, kecemasan, atau demensia, dan itu bisa terjadi dalam waktu 3 bulan setelah diagnosis.

Risiko mereka berlipat ganda dibandingkan dengan orang yang tidak terpapar Covid-19.

Dilansir dari Healthline via Tribun Wow, sebuah survei terbaru dari Ekuador juga menunjukkan bahwa pasien Covid-19 umumnya mengalami kecemasan, insomnia, depresi, dan gangguan stres pascatrauma. 

“Covid-19 dapat mengakibatkan masalah psikologis karena stres pandemi dan efek fisik dari penyakit ini,” kata Brittany LeMonda, PhD, neuropsikolog senior di Lenox Hill Hospital di New York City.

Ilustrasi Isolasi Mandiri
Ilustrasi Isolasi Mandiri (Tribunnews)

Para peneliti dari University of Oxford dan NIHR Oxford Health Biomedical Research Center mengevaluasi catatan kesehatan 69 juta orang di Amerika Serikat, termasuk lebih dari 62 ribu orang yang didiagnosis dengan Covid-19.

Hampir 6 persen orang dewasa yang didiagnosis dengan Covid19 mengembangkan gangguan kejiwaan untuk pertama kalinya dalam 90 hari, dibandingkan dengan hanya 3,4 persen pasien yang tidak memiliki Covid-19.

Dengan kata lain, mereka yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami gangguan mood atau kecemasan untuk pertama kalinya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved