Breaking News:

HUT Kota Batu ke 20

HUT Kota Batu ke-20, Dewanti Rumpoko: Peran Desa Sangat Penting untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan peran desa di Kota Batu sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
Pemkot Batu
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menunjukan piagam penghargaan Anugerah Prahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020 dan Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021. 

Berita Batu Hari Ini
Reporter: Benni Indo
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan peran desa di Kota Batu sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Meskipun kota, ada 19 desa di Kota Batu.

Dengan adanya desa itu, anggaran dana desa memiliki peran besar.

“Kota Batu ini kota kecil dengan hanya tiga kecamatan. Ada 19 desa dan 5 kelurahan. Satu-satunya Kota di Jawa Timur yang memiliki desa, di mana akhirnya ADD memiliki peran yang besar. Desa di Kota Batu sudah menjadi desa mandiri semuanya,” ungkapnya saat berbicara di acara webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT Kota Batu ke-20 bersama Tribun Network, Kamis (21/10/2021).

Dengan adanya ADD, desa memiliki peran menggerakkan perekonomiannya melalui BUMDes.

Penduduk Kota Batu mayoritas petani.

Sebagai wilayah pertanian hortikultura, maka hasil pertanian seperti sayur dan buah-buahan menjadi komoditas penting dalam produk ekonomi.

“Luas wilayahnya hampir 200 Km persegi. Jumlah sekarang 220 ribu penduduk. 75 persen itu adalah petani. Sekarang ini, petani yang kemudian agak punya perubahan, adalah petani yang modern. Petani yang bisa punya usaha,” terangnya.

Kota Batu yang terletak di Malang Raya juga menjadi wilayah pengungkit pertumbuhan di wilayah kawasan tengah-selatan Jawa Timur.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved