Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa UWG Malang Dapat Hibah Innovillage Telkom, Hasilnya Ada Batik Cap Ciprat Difabel

Tiga mahasiswa Universitas Widyagama (UWG) Malang mendapat hibah pendanaan dari program Innovillage dari PT Telkom bersama Telkom University.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Launching Batik Cap Ciprat Difabel dilakukan di Balai Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang oleh Universitas Widyagama Malang, Sabtu (20/11/2021). Kain batik yang sudah jadi dibawakan oleh model difabel lewat fashion show.  

SURYAMALANG.COM, MALANG - Tiga mahasiswa Universitas Widyagama (UWG) Malang mendapat hibah pendanaan dari program Innovillage dari PT Telkom bersama Telkom University.

Mereka adalah Reza Rafi Saputra (Teknik Sipil/Fakultas Teknik), Duwi Yudhanengtyas Galularasti Maharni Putri (Fakultas Hukum) dan Toifin Nanang Prasetyo (Teknik Sipil). 

Mereka dibimbing oleh Arie Restu Wardhani PhD, Wakil Dekan FT UWG. Hasilnya adalah batik Cap Ciprat (Cap Cip) Difabel, website untuk membantu penjualan dan aplikasi keuangan.

Innovillage adalah program kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital pada kampung halamannya untuk terlibat memberikan solusi. 

Untuk itu, tim UWG bermitra dengan Pemdes Bedali. Dimana didalamnya ada masyarakat yaitu komunitas Omah Difabel.

Omah Difabel memiliki produk batik Ciprat, telor asin dan bengkel alat bantu disabilitas untuk umum.

Menurut Rafi, ketua tim pada suryamalang.com, Sabtu (20/11/2021), timnya berdiskusi dengan Omah Difabel yang sudah memiliki produk batik Ciprat yang dikerjakan oleh difabel. 

Disebut batik Ciprat karena di kain batiknya ada cipratan-cipratan.

Komunitas Omah Difabel berada di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Batik Ciprat Omah Difabel menurut Ken Kerta, Ketua Linksos, memang awalnya tidak ada pembeda dengan batik ciprat lainnya.

Tapi kemudian diberi cap berupa gambar Gunung Arjuno dan Semeru setelah berembug dengan tim UWG.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved