Liga Indonesia

FAKTA Dokter Gadungan di Tim Liga 1 PSS Sleman, Bahkan Sudah Pernah Jadi Dokter Timnas Indonesia

Kabar dokter gadungan ini buka isapan jempol karena pihak PT Liga Indonesia juga telah menyebut Elwizan Aminudin sebagai dokter gadungan

Editor: Dyan Rekohadi
Kolase - Liga Indonesia Baru
Ilustrasi dokter gadungan di Liga 1 

SURYAMALANG.COM - Sisi medis kompetisi Liga 1 di Indonesia kembali menjadi sorotan dengan  terungkapnya keberadaan dokter gadungan yang menjadi dokter tim peserta BRI Liga 1 2021.

Kabar dokter gadungan ini buka isapan jempol karena pihak PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi juga telah menyebut Elwizan Aminudin sebagai dokter gadungan.

Dalam kompetisi BRI Liga 1 2021 nama Elwizan Aminudin (EA) tercatat sebagai dokter tim dari PSS Sleman.

Tapi dalam 2 pekan terakhir EA telah mengundurkan diri dari klub PSS Sleman.

Kedok EA sebagai seorang dokter terbongkar setelah muncul cuitan dokter Muhammad Iqbal Amin melalui akun twitter pribadinya.

"Another Fraudster, kali ini korbannya @PSSleman, konon ybs sempat jadi Dokter Timnas. Buat instansi yg mau ngerekrut dokter, lain kali cek n ricek ke situs Cek dokter di @kkigoid http://kki.go.id," cuit dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah ini melalui akun twitter pribadinya, @iqbalamin89, Rabu (1/12/2021) dikutip dari Tribun Jogja (Grup SURYAMALANG.COM).

Unggahan tersebut turut mendapat tanggapan dari dokter influencer, dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dr. Tirta.

"Ini kasusnya gimana ya ndan? Ngaku dokter? Atau dokter str ga aktif?," cuit dr. Tirta melalui akun pribadinya, @tirta_cipeng.

Dokter Iqbal Amin lantas menjawab pertanyaan dr. Tirta, dengan menyatakan bahwa dokter tim PSS, yakni Elwizan Aminuddin merupakan dokter palsu.

Lantaran tidak memiliki STR dokter (Surat Tanda Registrasi), tidak terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia) manapun, tidak terdaftar di PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) apalagi di KKI ( Konsil Kedokteran Indonesia).

"Profesi dokter memang salah satu profesi yang menjanjikan, wajar saja ada sebagian yang memanipulasi demi kepentingan pribadi," ujar Iqbal Amin melalui direct message kepada Tribun Jogja.

Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddin, saat memantau latihan pemain PSS di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.
Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddin, saat memantau latihan pemain PSS di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. (PSS Sleman)

Pihak klub PSS Sleman langsung merespon informasi itu dan menyatakan EA sudah tak lagi bersama klub berjuluk Elang Jawa.

Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PSS), Andywardhana Putra mengatakan saat ini sedang menelusuri terkait yang mengeluarkan ijazah, sertifikat kompetensi, Surat Keterangan Registrasi (STR), dan Surat Izin Praktek (SIP) dari Elwizan Aminudin.

"Sekarang posisinya dia sudah mengajukan pengunduran diri kemarin, dan memang sekarang sudah sekitar hampir dua pekan dia tidak mendampingi tim karena katanya mau mengurus ibunya yang sakit. Dan kita (manajemen PSS) sedang melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak yang terkait dengannya, supaya kita bisa ambil tindakan seperti apa." kata Andy saat dihubungi Tribun Jogja, Kamis (2/12/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved