Berita Blitar Hari Ini

Pedagang Wisata Makam Bung Karno Kota Blitar Bersyukur Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Nataru

Pedagang di kawasan Makam Bung Karno Kota Blitar menyambut gembira kebijakan pemerintah membatalkan rencana penerapan PPKM Level 3 saat libur Nataru.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Samsul Hadi
Pedagang suvenir di utara kawasan Wisata Makam Bung Karno menawarkan dagangan kepada pengunjung, Sabtu (11/12/2021). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pedagang di kawasan Makam Bung Karno Kota Blitar menyambut gembira kebijakan pemerintah membatalkan rencana penerapan PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pedagang berharap tetap ada kunjungan wisatawan di kawasan Makam Bung Karno Kota Blitar saat libur Nataru.

Pedagang di kawasan Makam Bung Karno, Mursito bersyukur pemerintah pusat membatalkan rencana penerapan PPKM Level 3 saat libur Nataru.

Dia berharap kunjungan wisatawan di Makam Bung Karno bisa ramai saat libur Nataru.

"Alhamdulillah, kami bersyukur pemerintah tidak jadi menerapkan PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru."

"Kami berharap kunjungan di Makam Bung Karno ramai dan para pedagang mendapatkan penghasilan," kata Mursito kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (11/12/2021).

Menurutnya, para pedagang tetap siap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di kawasan Makam Bung Karno.

"Kami tetap mengikuti aturan dari pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Buat kami, terpenting wisata buka dan kami bisa berjualan," ujarnya.

Ketua Paguyuban Pedagang Suvenir Utara Makam Bung Karno, Murjoko mengatakan belum ada pemberitahuan secara resmi dari Pemkot Blitar soal pembukaan tempat wisata saat libur Nataru.

Tapi, para pedagang berharap kawasan Makam Bung Karno tetap buka saat libur Nataru.

"Informasinya penerapan PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru dibatalkan dan kembali ke status PPKM di masing-masing daerah."

"Kami berharap tempat wisata tetap bisa buka meski dengan pembatasan," kata Murjoko.

Dikatakannya, pendapatan para pedagang mulai naik setelah kawasan Makam Bung Karno dibuka kembali sejak pertengahan September 2021.

"Pendapatan para pedagang mulai naik meski belum normal seperti sebelum pandemi. Untuk itu, kami berharap tempat wisata bisa buka terus meski dengan prokes," ujarnya.

Kabid Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso mengatakan pemerintah pusat memang membatalkan rencana penerapan PPKM Level 3 di semua daerah saat libur Nataru.

Tapi, Heru masih menunggu kebijakan dari Wali Kota Blitar terkait pembukaan tempat wisata.

"Sejauh ini belum ada juknis soal pembukaan tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Baru. Meski pemerintah pusat sudah menyatakan itu, kami menunggu petunjuk dari Wali Kota," kata Heru.

Sekarang, status Kota Blitar masuk PPKM Level 1. Pengunjung wisata di kawasan Makam Bung Karno tetap dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pengunjung yang masuk ke pusara tetap kami batasi, tidak boleh penuh. Kami tetap waspada, jangan sampai terjadi penyebaran Covid-19 di tempat wisata," ujarnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved