Berita Lumajang Hari Ini

Wabup Lumajang Indah Amperawati Masdar: Sungai Asem Harus Dinormalisasi untuk Atasi Banjir

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar menyebut, sekitar 70 persen luasan Kali Asem sekarang telah menjadi daratan.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: isy
Pemkab Lumajang
Petugas gabungan melakukan aksi bersih-bersih Sungai Asem Lumajang untuk peringati Hari Sampah Nasional, Jumat (4/3/2022). 

Berita Lumajang Hari Ini

SURYAMALANG.COM | LUMAJANG - Tidak pernah adanya normalisasi Kali Asem, di Kelurahan Rogotrunan membuat separoh luasan sungai telah berkurang.

Pinggiran sungai tersebut sekarang menjadi daratan, padahal fungsi sungai ini ialah menampung dan mengalirkan air ketika debit air naik.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar menyebut, sekitar 70 persen luasan Kali Asem sekarang telah menjadi daratan.

Berkurangnya luasan sungai tersebut menjadikan kawasan Kota Lumajang sekarang sering dilanda banjir, terutama ketika musim hujan. Ini dikarenakan daya tampung Kali Asem tidak lagi mampu menerima kiriman air.

"Rusaknya Dam Gambiran beberapa waktu lalu bisa jadi salah satunya penyebabnya karena pendangkalan sungai," kata Wabup Indah saat melakukan aksi bersih-bersih Kali Asem bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) serta komunitas untuk peringati Hari Sampah Nasional, Jumat (4/3/2022).

Ancaman bencana banjir memang kerap menghantui sejumlah kawasan Lumajang terusan Sungai Asem.

Akan tetapi, Pemda Lumajang tidak bisa melakukan penanganan.

Paling-paling yang bisa dilakukan Pemda mendorong Balai Sumber Daya Air (BSDA) Jawa Timur agar segera melakukan normalisasi.

"Normalisasi Sungai Kali Asem adalah tugas Balai Sumber Daya Air (BSDA) Jawa Timur. Saya sudah bilang ke Kepala BSDA Jatim fokuslah pada normalisasi-normalisasi sungai itu," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved