Berita Batu Hari Ini

3 Persen Anak di Kota Batu Belum Punya Akta Kelahiran

Sebanyak 1950 anak di Kota Batu belum memiliki akta kelahiran, padahal proses pembuatan akta itu hanya berlangsung sehari.

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Wiwik Nuryati memaparkan, Kecamatan Batu menjadi yang tertinggi. Ada 1049 anak dari 28.083 anak yang belum memiliki akta kelahiran. 

Berita Batu Hari Ini

SURYAMALANG.COM | BATU - Sebanyak 1950 anak di Kota Batu belum memiliki akta kelahiran.

Jika dipersentasekan jumlah itu 3% dari dari total anak di Kota Batu yang berjumlah 61.366 anak.

Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Wiwik Nuryati, memaparkan Kecamatan Batu menjadi yang tertinggi.

Ada 1049 anak dari 28.083 anak yang belum memiliki akta kelahiran.

Selanjutnya ada Kecamatan Junrejo sebanyak 564 anak dari 16.136 anak.

Sedangkan di Kecamatan Bumiaji terdapat 337 anak dari total 17.147 anak.

"Jika dihitung secara keseluruhan, penduduk Kota Batu yang berjumlah 223.193 jiwa maka yang memiliki akta kelahiran baru 122.650 jiwa atau 55 persen. Artinya hingga saat ini masih ada 100.543 masyarakat Kota Batu yang belum memiliki akta kelahiran," ujar Wiwik.

Belum adanya kesadaran masyarakat untuk mengurus akta kelahiran menjadi salah satu sebab yang cukup dominan ditemui di lapangan.

Menurut Wiwik, perlu adanya sosialisasi yang lebih masif agar warga betul-betul sadar pentingnya memiliki akta kelahiran.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut secara berkelanjutan khususnya kepada para orang tua yang belum membuatkan anaknya akta kelahiran," kata Wiwik.

Dispendukcapil juga sudah melakukan kerja sama dengan TP PKK Kota Batu, Rumah Sakit dan ikatan bidan agar orangtua tergerak hatinya mengurus akta kelahiran.

Kabid Pencatatan Sipil, Musdalifah menyampaikan, sebagai upaya untuk mempercepat pembuatan akta kelahiran di Kota Batu, ada program dengan TP PKK yang dikemas dalam program Pelayanan Akta Kelahiran kolektif (PENAK).

"PKK ada di mana-mana sampai pelosok desa yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat. Mereka juga memiliki jiwa sosial yang tinggi," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved