Berita Surabaya Hari Ini

Tren 'Gaya Hidup Halal' Makin Populer, Kebutuhan Produk Halal Jadi Fenomena Dunia

Tren gaya hidup halal semakin populer di masyarakat saat ini, salah satunya yaitu meningkatnya konsumsi masyarakat akan produk halal.

Penulis: sulvi sofiana | Editor: isy
Danone
Webinar bertema 'Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat' yang diadakan Danone Indonesia, Jumat (22/4/2022). 

Berita Surabaya Hari Ini

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Tren gaya hidup halal semakin populer di masyarakat saat ini, salah satunya yaitu meningkatnya konsumsi masyarakat akan produk halal.

Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021 bahwa konsumsi produk halal Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$144 miliar yang menjadikan Indonesia sebagai konsumen terbesar di sektor ini.

Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi mengungkapkan produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian gaya hidup dengan nilai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global.

“Tren gaya hidup halal sangat memperhatikan standar kelayakan, kebersihan, dan efek fungsionalnya bagi manusia. Seorang muslim yang menerapkan gaya hidup halal dalam kesehariannya membutuhkan barang konsumsi dan barang guna yang halal dan thoyyib," ujarnya dalam webinar bertema 'Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat' yang diadakan Danone Indonesia, Jumat (22/4/2022).

Dengan adanya lembaga yang mengatur proses sertifikasi halal, dalam hal ini BPJPH, menurut Jetti mempermudah masyarakat untuk mengakses produk-produk halal.

Dari segi bisnis, satu mata rantai yang dikonsumsi pelaku gaya hidup halal menunjukkan besarnya peluang ekonomi yang dapat dioptimalkan.

"Apalagi saat ini konsumen produk halal bukan hanya masyarakat muslim, tapi masyarakat yang memprioritaskan jaminan bersih, aman, dan sehat dari produk yang bersertifikat halal," lanjutnya.

Jetti juga menjelaskan bahwa gaya hidup halal menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Makanan dan minuman yang halal diyakini tidak hanya bersih dan sehat tetapi juga membawa keberkahan yang mendatangkan manfaat besar bagi kualitas hidup. Tubuh kita akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran pun tenteram karena paham bahwa yang dikonsumsi merupakan produk yang aman dan berkualitas,” tambah Jetti.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved