Ramadan 2022

3 Surat Pendek untuk Sholat Witir 3 Rakaat Setelah Sholat Tarawih Saat Ramadan, Menurut Hadist Nabi

Berikut inadalah bacaan surat pendek untuk Sholat Witir tiga rakaat setelah sholat tarawih saat Ramadan 2022 menurut hadist sahih.

Penulis: Frida Anjani | Editor: Adrianus Adhi
Instagram
Ilustrasi sholat 

SURYAMALANG.COM - Berikut inadalah bacaan surat pendek untuk Sholat Witir tiga rakaat setelah sholat tarawih saat Ramadan 2022 menurut hadist sahih.

Sebagai informasi, sholat witir merupakan sholat sunnah ganjil yang dilakukan setelah melaksanakan sholat lainnya seperti sholat Tahajud atau sholat tarawih.

Adapun hukum Sholat Witir dijelaskan dalam hadist Aisyah radhiallahu ‘anha menerangkan tentang salatnya Rasul di bulan Ramadhan,

“Rasul tidak pernah salat malam lebih dari 11 raka'at, baik di bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan, yaitu dia salat 4 raka'at, maka jangan engkau tanya tentang bagus dan lama salatnya, kemudian dia salat 4 raka'at lagi, maka jangan engkau tanya tentang bagus dan lama salatnya, kemudian dia salat witir 3 raka'at.” (Hadits riwayat Bukhori 2/47, Muslim 2/166)

Demikian juga dengan hadits Ali Radhiyallahu ‘anhu, “Witir tidaklah wajib sebagaimana salat fardhu. Akan tetapi ia adalah sunnah yang ditetapkan oleh Rasulullah SAW".

Jumlah rakaat sholat witir yang dianjurkan adalah tiga rakaat, terdiri dari dua rakaat satu salam dan satu rakaat satu salam.

Lantas apa bacaan surat pendek sholat witir?

Mengutip buku berjudul "30 Fatwah Seputar Ramadhan" karya Syekh Athiyya Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, Syekh DR. Ali Jum'ah yang diterjemahkan oleh Ustadz Abdul Somad (UAS), sebagai berikut:

 "Pada shalat Witir, Rasulullah Saw membaca surat al-A’la pada rakaat pertama, surat al-Kafirun pada rakaat kedua, surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas pada rakaat ketiga.

Imam Nawawi berkata:
“Semua yang kami sebutkan ini berdasarkan hadits-hadits yang shahih dan selainnya adalah hadits-hadits masyhur”.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved