Berita Sidoarjo Hari Ini

Kejari Telusuri Dugaan Korupsi dalam Pengadaan Seragam Dinas Pemkab Sidoarjo

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo menelusuri dugaan korupsi dalam pengadaan seragam dinas di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Penulis: M Taufik | Editor: Zainuddin
google
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo menelusuri dugaan korupsi dalam pengadaan seragam dinas di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

“Kami sudah minta keterangan enam orang, termasuk dari PPK, pokja pengadaaan barang, dan dari penyedia,” ungkap Akhmad Muhdhor, Kepala Kejari Sidoarjo kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (21/7/2022).

Petugas sudah menyita sejumlah alat bukti, seperti seragam dinas dalam proses pengadaan itu, sejumlah dokumen, keterangan saksi, dan beberapa alat bukti lain.

Ada tiga pengadaan seragam dinas menggunakan APBD Sidoarjo tahun 2019 yang menjadi perhatian penyidik Kejari Sidoarjo.

Dari tiga proyek itu, dugaan penyalahgunaan keungan negara pada pengadaan pakaian dinas harian warna khaki, dan pengadaan pakaian dinas sudah naik ke penyidikan.

“Kami menemukan beberapa kesalahan dalam tahapan proses pengadaan, seperti proses tahapan yang melompat-lompat yang berdampak pada pengadaan barang tidak sesuai spesifikasi,” urai kajari.

Penyidik kejaksaan belum bisa memastikan nilai kerugian dalam perkara ini.

Muhdhor menyebut proses penyidikan akan memperjelas nilai kerugiannya.

Satu item pengadaan itu seharga Rp 2,5 miliar.

Jika ada tiga pengadaan, berarti nilai proyeknya sekira Rp 7,5 miliar.

“Dari tiga item itu, yang naik ke penyidikan ada dua. Dan sekarang ini masih kita dalami nilai kerugian negaranya. Perlu kita uji juga. Nanti akan diketahui jelas, berapa nilai kerugian negara akibat perkara ini,” lanjutnya.

Disebutnya bahwa penyidik kejaksaan sedang bekerja ekstra untuk menuntaskan perkara ini.

Semua yang terkait bakal dimintai keterangan, berbagai barang bukti juga dikumpulkan, dan dalam waktu dekat bakal diumumkan siapa tersangkanya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved