Kesehatan

Cacar Monyet Menyebar, Dosen FK UB Sampaikan Gejala Umum Mirip Penyakit Cacar

Penyakit cacar monyet sedang mewabah saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus langka dari hewan.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
Universitas Brawijaya
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Dr dr Dhelya Widasmara SpKK (K) 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Penyakit cacar monyet sedang mewabah saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus langka dari hewan.

Gejala umumnya hampir mirip dengan penyakit cacar. Organisasi kesehatan dunia, World Health Organization menyatakan tanggal 23 Juli 2022 sebagai global health emergency terhadap wabah Monkeypox.

"Yang membedakan adalah pada cacar monyet didapatkan pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati)”, jelas Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Dr dr Dhelya Widasmara SpKK (K) dalam rilis Humas FK UB, Kamis (28/7/2022).

Menurut dokter kulit yang berfokus pada infeksi tropik ini, Monkeypox tanda dan gejalanya  yang muncul bergantung pada fase penyakit ini.

Yang pertama fase prodromal atau yang menunjukkan gejala. Dimana menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Kemenkes RI, gejala awal pada fase prodromal antara lain penderita akan mengalami demam yang disertai dengan sakit kepala yang terkadang terasa hebat.

Juga nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati) yang dirasakan di leher, ketiak, atau di area selangkangan. Serta badan panas dingin bahkan kelelahan dan lemas.

"Sedangkan pada fase erupsi terjadi saat 1-3 hari atau kadang-kadang lebih lama setelah fase prodromal," kata dr Lala, panggilan akrabnya.

Pada fase erupsi timbul ruam atau lesi pada kulit.

Biasanya ruam atau lesi ini dimulai dari wajah lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya secara bertahap, terangnya.

Kemudian, ruam atau lesi pada kulit ini akan berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar (maculopapular).

Halaman
1234
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved