Berita Malang Hari Ini

6 Rotator Terpasang di Perlintasan Sebidang, Relawan Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Sebanyak enam rotator dan sirine, telah terpasang secara resmi di perlintasan sebidang kereta api di wilayah Kota Malang.

suryamalang.com/Purwanto
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna didampingi Kanit Kamsel Satlantas Polresta Malang Kota, Ipda Eko Prasetyo saat memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidang. 

SURYAMALANG.COM|MALANG - Sebanyak enam rotator dan sirine, telah terpasang secara resmi di perlintasan sebidang kereta api di wilayah Kota Malang.

Secara simbolis, alat terakhir yang terpasang diresmikan langsung oleh Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna di perlintasan sebidang yang terletak di Jalan Kolonel Sugiyono RT 10 RW 03 Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun, pada Rabu (10/8/2022) siang.

Peresmian tersebut sekaligus menandai berlakunya enam sirine dan rotator, yang ada di perlintasan sebidang di Kota Malang. Terdiri dari empat perlintasan di wilayah Kecamatan Blimbing dan dua perlintasan di Kecamatan Sukun.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Khrisna mengatakan, pemasangan rambu keselamatan tersebut merupakan inisiatif dari Unit Kamsel Satlantas Polresta Malang Kota.

"Ini adalah ide dari Unit Kamsel Satlantas Polresta Malang Kota dan sesuai arahan dari Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. Hal ini dilakukan, untuk meningkatkan angka keselamatan bagi pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidang," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Pria yang akrab disapa Yoppi ini juga menjelaskan, sistem kerja dari rambu keselamatan tersebut.

"Sirine dan rotator ini dinyalakan dan dibunyikan secara manual sebelum kereta api melintas. Yang mengoperasikan, adalah relawan perlintasan yang berjaga. Dengan adanya rambu keselamatan ini, pengguna jalan akan lebih waspada dan berhati-hati saat mendengar suara dari sirine," bebernya.

Selain pemasangan alat, Polresta Malang Kota juga memberikan jaminan keselamatan kerja kepada 20 relawan perlintasan.

"Para relawan ini berasal dari enam perlintasan, dan saat ini didaftarkan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Secara simbolis, akan diberikan pada tanggal 17 Agustus 2022, sekaligus pemberian rompi supelka (sukarelawan perlintasan kereta api). Dan para sukarelawan ini untuk keikutsertaannya, dibiayai secara gratis selama satu tahun oleh Polresta Malang Kota," jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 3 Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun, Sudjono mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Satlantas Polresta Malang Kota.

"Terima kasih banyak atas perhatiannya. Semoga ini bisa membantu masyarakat. Serta dapat meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidang ini," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved