Berita Malang Hari Ini

Polres Malang Imbau Warga Segera Lapor Jika Mengalami Kekerasan Seksual

Kanit PPA Satreskrim Polres Malang, Aipda Erleha menegaskan pihaknya langsung memproses temuan-temuan yang disampaikan pelapor.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Eko Darmoko
Shutterstock
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Unit Pelayanan Anak dan Perempuan (UPPA) Satreskrim Polres Malang mengimbau kepada warganya yang mengalami pelecehan seksual dan semacamnya agar tak ragu segera melapor ke polisi.

Kanit PPA Satreskrim Polres Malang, Aipda Erleha menegaskan pihaknya langsung memproses temuan-temuan yang disampaikan pelapor.

"Sebagai cara awal, apabila hendak membuat laporan, bisa melalui perangkat desa setempat atau bisa ke Polsek terdekat terlebih dahulu."

"Paparkan laporan awal kejadian yang telah dialami."

"Kemudian akan ditindaklanjuti oleh Unit PPA Satreskrim Polres Malang yang khusus menangani terkait kejahatan yang berhubungan dengan perempuan dan anak," beber Erleha ketika dikonfirmasi SURYAMALANG.COM.

Erleha mengajak korban yang mengalami kekerasan seksual dapat memberanikan diri melapor ke pihak berwajib.

Kata Erleha, cerita yang dialami korban bisa disampaikan terlebih dahulu kepada orang tua.

"Jangan takut bercerita kepada orang tua atau orang yang dianggap dekat untuk melindungi korban, dan kepada anak juga harus diajari berani menolak dan mengatakan tidak kepada pelaku," ungkap Erleha.

Sementara itu, data UPPA Polres Malang mencatat, pada rentang waktu Januari hingga Juli 2022 terdapat 135 laporan kekerasan anak, baik kekerasan fisik maupun seksual.

Polisi menduga penyebab tingginya angka kekerasan terhadap anak di Kabupaten Malang salah satunta karena faktor keretakan keluarga.

Seperti perceraian sehingga pola asuh anak menjadi terganggu.

Update Google News SURYAMALANG.COM

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved