Berita Malang Hari Ini

Longsor di Jalur Terowongan Kereta Api Karangkates Malang, KA Matarmaja dan KA Penataran Terganggu

Terowongan jalur Kereta Api Karangkates Tertutupi Longsor,(KA) Matarmaja jurusan Jakarta - Malang danKA Penataran jurusan Surabaya - Blitar tertahan

SURYAMALANG.COM/ KAI Daop 8 Surabaya
Petugas saat mengevakuasi lumpur yang menutupi jalur KA di depan terowongan Kereta Api Karangkataes, Sumberpucung Kabupaten Malang , Selasa (18/10/2022) 

SURYAMALANG.COM , MALANG - Terowongan jalur Kereta Api Karangkates Tertutupi Longsor, Selasa (18/10/22).

Dikabarkan, longsor melanda petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten. Malang pada Selasa (18/10/22).

Dari keterangan Pers Humas KAI Daop 8 Surabaya, longsor menutupi jalur KA di KM 85+4/5.

Baca juga: FAKTA Banjir Malang: Jumlah Warga yang Terdampak Capai Ribuan dan Ini Sebaran Wilayahnya

Akibat longsoran ini juga berpotensi menutup jalur KA di 3 titik lainnya, di KM 84+8/9, KM 82+6/7, dan KM 81+3 petak jalan Sumberpucung - Pohgajih.

Setidaknya sudah ada dua rangkaian Kereta Api (KA) yang terganggu dan tak bisa melanjutkan perjalanan akibat musibah longsor di jalur kereta api itu.

(KA) Matarmaja jurusan Jakarta - Malang terganggu akibat longsor yang melanda petak jalur antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih, Kabupaten Malang itu.

KA Penataran jurusan Surabaya - Blitar juga tertahan.

"Longsor terjadi sekitar pukul 09:08 WIB setelah sebelumnya daerah tersebut diguyur hujan lebat," ucap Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Selasa (18/10/2022).

Dia mengatakan, sampai saat ini terdapat KA Matarmaja yang tertahan di Stasiun Sumberpucung.

Rencananya, kereta tersebut akan dialihkan melewati jalur utara, yakni melalui Lawang - Bangil - Sidoarjo - Mojokerto sampai ke Kertosono.

Sedangkan KA Penataran jurusan Surabaya - Blitar saat ini tertahan di Stasiun Kepanjen.

"Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut,” ujarnya.

Luqman menambah, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut. 

Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.

PT KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan. 

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuacanya mendukung dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar,” tandasnya.

Baca juga: Banjir di Trenggalek Parah, Warga Dievakuasi Ke Kantor Kecamatan Trenggalek dan GOR

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved