Berita Gresik Hari Ini

Cara Bikin Alarm Gempa Bumi dari Stik Es Krim ala Anak Madrasah Ibtidaiyah di Gresik

#GRESIK - Ketika kabel menyentuh tembaga, alarm langsung berbunyi. Kabel menyentuh tembaga ketika ada getaran atau gempa.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Yuli A
willy abraham
Tiga Siswa MI YKUI Maskumambang, Gresik membuat alarm gempa Damar Kurung di sekolah, Senin (28/11/2022). 

Ketika kabel menyentuh tembaga, alarm langsung berbunyi. Kabel menyentuh tembaga ketika ada getaran atau gempa.

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Siswa MI YKUI Maskumambang, Gresik ciptakan alat alarm gempa dari limbah stik es krim. Ketika gempa terasa, alat yang dibentuk seperti damar kurung akan berbunyi "tiiittt". 

Alat ini, terbuat dari bahan yang sederhana. Mudah dibeli di toko elektronik. Mulai dari kabel, baterai, tembaga penghantar, limbah kayu bekas dan limbah stik eskrim. 

Alat alarm gempa ini dibuat oleh enam siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Sains. Keenam siswa itu ada yang masih duduk di bangku kelas III, kelas IV, kelas V dan kelas VI. 

Mulanya, kayu dipotong-potong berbagai ukuran untuk membentuk Damar Kurung. Kerangka sudah jadi, potongan stik es krim di susun di bagian atas. Kemudian alarm, tempat baterai, tembaga kecil berbentuk bulat di pasang di bagian atas. Direkatkan menggunakan lem tembak. Tembaga kecil berbentuk bulat diberi sehelai kabel yang diberi pemberat berupa baut. 

Ketika kabel menyentuh tembaga, alarm langsung berbunyi. Kabel menyentuh tembaga ketika ada getaran atau gempa. Sehingga, warga yang sedang tertidur bisa terbangun. Lalu melakukan langkah penyelamatan dengan sembunyi di bawah meja atau tempat yang lebih aman.

"Melihat banyak korban gempa bumi terbesit membuat alarm gempa ini. Alarm mirip Damar Kurung sesuai simbol kota Gresik. Saat alat ini digoyang alarm akan berbunyi," ujar M. Aqil Al Ghifari, siswa Kelas VI MI. 

Kepala MI YKUI Maskumambang, Faris Hendro Setiawan mengatakan alat alarm gempa ini untuk mengetahui jika sedang terjadi gempa. 

"Gempa Cianjur banyak menelan korban karena banyak yang tidak tahu terjadinya gempa. Kita memunculakn alarm gempa Damar Kurung untuk mengetahui jika terjadi gempa dengan terdengar alarm," jelasnya. 

Diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kreativitas, ide-ide dari para bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved