Berita Pasuruan Hari Ini

Dana Rp 1,5 Miliar Demi Bangkitkan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Pasuruan

#PASURUAN - Akan ada revitalisasi di pasar wisata Cheng Hoo sehingga pasar ini menjadi lebih baik, bersih, aman dan nyaman dikunjungi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Yuli A
galih lintartika
Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Pasuruan. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Pasuruan berencana melakukan revitalisasi pasar wisata Cheng Hoo, Pandaan tahun ini.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Diano Vela Fery mengatakan, revitalisasi pasar wisata Cheng Hoo itu masuk dalam program prioritas di dinasnya tahun ini.

“Akan ada revitalisasi di pasar wisata Cheng Hoo. Akan ada penataan sehingga pasar ini menjadi lebih baik, bersih, aman dan nyaman dikunjungi,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Dia menjelaskan, ada beberapa pembenahan yang akan dilakukan. Salah satunya memperbarui tampilan pasar wisata Cheng Hoo tersebut.


Pertama, kata Diano, menyelaraskan tampilan depan pasar wisata Cheng Hoo ini. Artinya temanya, dan nuansanya diselaraskan kembali.

“Memang sudah selaras, tapi kan butuh perawatan sehingga perlu ada perbaikan di titik - titik yang rusak dan perlu sentuhan kembali,” jelasnya.

Menurut dia, pihaknya juga merencanakan penambahan ponten. Ia menyebut, ponten yang sudah ada tidak mampu menampung saat pengunjungnya banyak.

“Ponten itu yang utama. Karena pengunjung harus difasilitasi utamanya untuk kebutuhan buang air kecil ataupun besar. Kami tambah pontennya,” tambahnya

Diano menjelaskan, pihaknya juga akan membuat pengunjung semakin nyaman dengan pembangunan alur untuk pengunjung pasar wisata ini.

“Selama ini kan belum ada penataan alur, sehingga semrawut. Dalam revitalisasi ini, kami merencanakan pembuatan arus lalu lintas pengungjung,” ungkapnya.

Disampaikannya, pihaknya juga akan melakukan penataan ulang tempat jualan Pedagang Kaki Lima (PKL) agar lebih rapi dan lebih tertata.

“Itu juga yang akan kami lakukan yakni penataan PKL. Bagaiaman PKL bisa berjualan nyaman, dan pembeli juga nyaman,” tegasnya.

Diano menyebut, revitalisasi ini dilakukan untuk membuat pengunjung pasar wisata cheng hoo ini nyaman dan betah berbelanja di sini.

“Di sini kan pusat oleh - oleh dan tempat wisata. Jadi bagaimana kita bisa membuat pengunjung itu betah untuk lama - lama di sini,” urainya.

Harapannya, fasilitas yang ditambahkan ini bisa menambah jumlah pengunjung yang manpir di pasar wisata ini, agar bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved