Advertorial

Apeksi ke 14 di Kota Batu Bahas Beragam Isu Strategis

Rapat Koordinasi (Rakor) Koordinator Musyawarah Wilayah (Komwil) IV yang terdiri dari Jatim, Bali, NTB, dan NTT dalam Apeksi ke – 14

Apeksi ke 14 di Kota Batu Bahas Beragam Isu Strategis
SURYAMALANG.com/Ist

SURYAMALANG.com, Batu - Rapat Koordinasi (Rakor) Koordinator Musyawarah Wilayah (Komwil) IV yang terdiri dari Jatim, Bali, NTB, dan NTT dalam Apeksi ke – 14 bakal digelar di Kota Batu, Selasa (17/4). Rencananya kegiatan ini berlangsung hingga Kamis (19/4).

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, mengatakan dalam Rakor Apeksi ini akan membahas tiga hal pokok. Yakni, membahas isu strategis setiap kota, merekomendasikan tuan rumah Apeksi Nasional. Dipaparkan Punjul, isu strategis setiap kota ini berbeda – beda.

Ia mencontohkan, semisal terkait ada nya kelurahan dan desa di Kota Batu. “ Ada pemerintahan kota yang masih memiliki desa. Nah, apakah kelurahannya itu akan di ganti menjadi desa, itu yang akan dibahas dalam rakor ini.” Kata Punjul senin (16/4).

Selain itu, ada juga pembahasan seperti dana desa (DD). Bagi kota yang masih menerima DD bagaimana cara pemanfaatannya, agar bisa mengembangkan desa itu. Punjul menambahkan, selain itu terkait bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) juga tak luput dalam pembahasan Rakor. Karena Kota Batu termasukkota yang tetap memberikan Bosda, meski kewenangan pengelolaan SMA/SMK telah pindah ke pemerintah provinsi (Pemprov).

“ya, hal – hal strategis yang dialami setiap kota kan berbeda. Di antarannya yang saya sebutkan itu tadi. Kalau Bosda, itu kebijakan setiap daerah berbeda – beda. Kota Batu termasuk kota yang tetap memberikan bantuan kepada siswa SMA/SMK dikelola provinsi,”jelasnya.

Permasalahan – permasalahan itu, lanjut punjul, akan menjadi pembahasan bersama kota – kota dari Jatim, Bali, NTB dan NTT. Karena setiap kota memiliki isu – isu program pemerintahan yang berbeda. Ia berharap, dalam Rakor Apeksi ini nanti bisa menjadi ajang saling sharing antar kota untuk kemajuan setiap kota.

Tidak hanya itu, acara ini juga sebagai ajang promosi produk – produk unggulan UMKM maupun wisata setiap kota. Karena itu, dalam kegiatan ini setiap kota akan mendapatkan stan untuk memamerkan produk – produk unggulannya.

Plt Kabag pemerintahan Kota Batu, Suliyanah, menambahkan peserta juga akan tampil pada pawai budaya. Setiap kota berkesempatan menampilkan budaya lokal yang akan menjadi tontonan warga masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Batu.

“ sebagai tuan rumah, Kota Batu akan menunjukkan produk – produk unggulannya, baik melalui pameran maupun kegitan pendukung. Seperti city tour.” Jelas Suliyanah.

Agenda lainnya ada tanam pohon di Coban Talun dan petik apel di Desa Tulungrejo. Di hari pertama, kegiatan ini di buka dengan memperkenalkan UMKM Kota Batu dan malamnya ada Welcome Dinner di Balaik Kota Among Tani. Di hari kedua, pembukaan secara resmi Rakor Apeksi, dan ditutup dengan pawai budaya yang pesertanya dari kota se Jatim, Bali, NTB, dan NTT.

Di hari ketiga, agendanya tanam pohon di Coban Talun dan mengajak berwisata keliling Coban Talun. Suliyanah berharap, Rakor Komwil IV Apeksi ini menjadi ajang promosi, baik bagi Kota Batu sebagai tuan rumah maupun kota lainnya. Kota – kota yang termasuk dalam Komwil IV ini, Yaitu Surabaya, Malang, Blitar, Pasuruan, probolinggo, Mojokerto, Madiun, Kediri, Batu, Denpasar, Mataram, Bima, dan Kupang. (sun)

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved