Malang Raya

Dishub Kota Malang Uji Coba Jalan Jakarta Diterapkan Satu Arah, Antisipasi Kemacetan

Setiap hari, hingga tanggal 10 Februari nanti, selalu ada petugas di jalur searah Jl Jakarta. Petugas akan membantu pengendara melintas di jalur yang

Dishub Kota Malang Uji Coba Jalan Jakarta Diterapkan Satu Arah, Antisipasi Kemacetan
suryamalang.com/Benni Indo
Petugas Dishub Kota Malang mengarahkan arus kendaraan dari Jl Besar Ijen masuk ke Jl Simpang Ijen dalam sosialisasi jalur searah, Kamis (10/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Jalur di Jalan Jakarta dan Jala Simpang Ijen Kota Malang menjadi satu arah sejak Kamis (10/1/2019) pukul 10.30 wib. Kendaraan dari Jl Besar Ijen harus belok kanan masuk ke Jl Simpang Ijen.

Sementara kendaraan dari Jl Surabaya maupun Jl Pahlawan Trip langsung diarahkan ke Jl Jakarta. Terdapat dua jalur putar balik di sepanjang Jl Jakarta.

Dinas Perhubungan Kota Malang bersama TNI/Polri turut serta membantu pengendara melaju di jalur yang tepat. Dalam uji coba ini, petugas tidak menerapkan tilang.

Jalur searah ini seperti yang sudah direncanakan oleh Dishub Kota Malang beberapa waktu lalu. Pantauan Suryamalang.com di lokasi, jumlah kendaraan yang berasal dari Jl Besar Ijen lebih banyak dibanding dari Jl Surabaya maupun Jl Pahlawan Trip.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi mengatakan, di hari pertama uji coba, pengendara masih banyak uang bingung. Kusnadi menilai wajar karena masih baru pertama pelaksanaan.

"Kami akan tetap sosialisasi agar masyarakat mengetahui. Uji coba ini mulai 10 Januari sampai 10 Februari," terang Kusnadi, Kamis (10/1/2019).

Kusnadi juga menjelaskan, kalau setiap hari, hingga tanggal 10 Februari nanti, selalu ada petugas di jalur searah Jl Jakarta. Petugas akan membantu pengendara melintas di jalur yang tepat.

"Kami juga akan menambahkan rambu petunjuk arah. Tadi itu ada truk yang belok kanan, terus saya alihakan. Nanti saya beri tanda dilarang berputar balik," jelasnya.

Rohman, seorang pengendara yang biasa melintas di Jl Jakarta mengaku kaget ketika melihat banyak petugas mengatur jalan. Pasalnya, kondisi seperti itu jarang terlihat. "Saya kira ada operasi, ternyata sosialisasi jalur searah," jelasnya.

Menurut Rohman, jalur searah di Jl Jakarta cukup efektif untuk mengurai kemacetan. Apalagi selama ini Jl Simpang Ijen jarang dimanfaatkan pengendara.

"Seringnya sepi di Jl Simpang Ijen itu. Tapi tidak masalah jadi searah," jelasnya.

Pemkot Malang telah mengeluarkan anjuran larangan parkir di sempadan Jalan Simpang Ijen. Pemkot Malang melalui Dishub Kota Malang telah mengirim surat pemberitahuan kepada sejumlah tempat usaha di Jl Simpang Ijen. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved