Malang Raya

Transisi SMAN 10 Tlogowaru jadi SMAN Taruna Nala, Seperti Ini Urusan Status Siswanya

Sehingga perlu dilakukan pertemuan dengan orangtua. Yang menyetujui, orang tua dan siswa membuat surat pernyataan.

Transisi SMAN 10 Tlogowaru jadi SMAN Taruna Nala, Seperti Ini Urusan Status Siswanya
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana SMAN 10 di kawasan Tlogowaru Kota Malang yang memiliki fasilitas boarding school, Kamis (22/9/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Siswa kelas X dan XI SMAN 10 Kota Malang yang berada di Tlogowaru siap pindah status menjadi siswa SMAN Taruna Nala Jawa Timur.

Dari 232 siswa SMA 10 Tlogowaru, yang siap pindah sebanyak 226 siswa atau mencapai 97 persen.

"Yang ragu-ragu ada lima anak atau 2,5 persen. Dan yang pasti pindah ke SMAN 10 reguler ada satu anak atau 0,05 persen," jelas Tri Suharno, Kepala SMAN Taruna Nala kepada SURYAMALANG.COM, Senin (27/3/2017).

Untuk menawari siswa dan orangtua apakah tetap jadi siswa SMAN 10 atau melanjutkan menjadi siswa SMAN Taruna, sekolah telah mengundang walimurid pada Sabtu (25/3/2017). Menurut dia, dengan pemisahan status sekolah Tlogowaru dari SMAN 10, ia tidak ingin melakukan pemaksaan dalam transisi siswanya.

Sehingga perlu dilakukan pertemuan dengan orangtua. Yang menyetujui, orang tua dan siswa membuat surat pernyataan.

Pada awalnya, sekolah SMAN 10 di Tlogowaru atau disebut kampus 2, merupakan pengembangan SMAN 10 yang lokasinya di kawasan Perumnas Sawojajar.

Namun sejak pengelolaan SMA-SMK dipegang Pemprov Jatim, maka status sekolah SMAN 10 di Tlogowaru dipisahkan dari SMAN 10 di Sawojajar. Selanjutnya sekolah ini menjadi sekolah tersendiri yakni sekolah baru SMAN Taruna Nala.

Masing-masing sekolah ini sekarang memiliki kepala sekolah sendiri per Januari 2017. Sebelumnya, SMAN 10 Sawojajar dan SMAN 10 Tlogowaru dipimpin satu kepala sekolah yang sama. 

SMAN Taruna Nala bekerjasama dengan TNI AL. Kerjasama itu diikat dalam kesepakatan bersama antara Pemprov Jatim dengan TNI AL yang diwakili oleh KSAL dalam bidang pendidikan dan pelatihan.

Sedang antara Dindik Jatim dengan Dinas Pendidikan TNI AL mengadakan PKS (Perjanjian Kerjasama) tentang peningkatan pendidikan dan kualitas SDM dalam penerapan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman.

Tentang siswa yang masih ragu-ragu atau belum memutuskan apakah ke SMAN 10 atau ke SMAN Taruna Nala Jatim, pihaknya memberi waktu sampai Sabtu mendatang. SMAN yang lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang ini dilengkapi asrama putra dan putri.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved