Blitar

Dikeluhkan Masyarakat, Dishub Bakal Menindak Truk Bongkar Muat Barang Di Pinggir Jalan

Seharusnya, truk angkutan barang melakukan bongkar muat di gudang atau di terminal barang, bukan ditepi jalan

Dikeluhkan Masyarakat, Dishub Bakal Menindak Truk Bongkar Muat Barang Di Pinggir Jalan
suryamalang.com/Samsul Hadi
Petugas Dishub Kota Blitar saat melakukan sosialisasi ke para sopir soal larangan bongkar muat di sembarang tempat di Jl Ciliwung Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar berencana menindak tegas truk yang melakukan bongkar muat di sembarang tempat. Hal itu setelah aktifitas truk melakukan bongkar muat disembarang tempat terutama di tepi jalan seringkali dikeluhkan masyarakat dan membahayakan lalu lintas.

"Masih banyak truk angkutan barang yang bongkar muat di pinggir jalan. Kami akan menertibkannya, karena itu berbahaya bagi pengguna jalan," kata Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono, Kamis (18/10/2018).

Priyo mengatakan ada beberapa kawasan di Kota Blitar yang sering digunakan truk angkutan barang untuk bongkar muat. Di antaranya di Jl Ciliwung, Jl Mawar, Jl Tanjung, Jl Cemara, dan Jalan Dr Wahidin. Di beberapa lokasi itu sering terdapat truk melakukan bongkar muat.

Seharusnya, truk angkutan barang melakukan bongkar muat di gudang atau di terminal barang. Pemkot Blitar sudah menyediakan terminal kargo untuk bongkar muat truk angkutan barang. "Kami sudah siapkan tempat untuk bongkar muat barang di terminal kargo. Mereka tidak boleh bongkar muat di tempat sembarangan," ujarnya.

Dishub akan menggandeng Satlantas Polres Blitar Kota dalam penertiban truk yang melakukan bongkar muat di pinggir jalan. Dishub dan polisi akan menindak truk yang bongkar muat di tempat sembarangan. Dishub menindak dari sisi administrasinya. Sedangkan untuk pelanggaran hukumnya diserahkan ke polisi. "Sanksi administrasi bisa saja kir-nya kami cabut, kalau dari sisi hukum bisa ditilang," katanya.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan siap membatu Dishub dalam penertiban truk yang melakukan bongkar muat di pinggir jalan. Dia juga sudah berkoordinasi dengan Dishub soal rencana penertiban.

"Mungkin pekan depan mulai penertibannya. Tidak hanya penertiban truk bongkar muat sembarangan, kami juga kerja sama dengan Dishub untuk penertiban parkir liar di atas trotoar," kata AKP Bayu.

Dikatakannya, aktivitas truk melakukan bongkar muat di pinggir jalan memang dilarang. Bongkar muat di pinggir jalan dapat membahayakan pengendara lainnya. Polisi bisa melakukan penindakan dengan cara menilang. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved