Tulungagung

Slogan Bhineka Tunggal Ika Karangan Gayatri yang Abunya Disimpan di Candi Gayatri, Tulungagung

Dri Gayatri, lahirlah raja ke-3 Majapahit, Tribuwana Tunggadewi yang merupakan nenek Hayam Wuruk, raja yang membawa Mapapahit mencapai kejayaan.

Slogan Bhineka Tunggal Ika Karangan Gayatri yang Abunya Disimpan di Candi Gayatri, Tulungagung
david yohanes
Grebek Bhineka Tunggal Ika - Sebuah meja panjang berisi aneka tumpeng diserbu oleh warga di Lapangan Desa/Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Selasa (20/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Sebuah meja panjang berisi aneka tumpeng diserbu oleh warga di Lapangan Desa/Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Selasa (20/11/2018).

Tumpeng aneka jenis, mulai dari tumpeng kuning, tumpeng merah putih, sekul suci ulamsari, tumpeng brokohan ini adalah lambang dari keberagaman.

Aneka tumpeng ini adalah bagian dari kegiatan Grebek Bhineka Tunggal Ika.

Grebek Bhineka Tunggal Ika merupakan buah pemikiran berbagai pihak, termasuk akademisi, tentang lahirnya slogan pemersatu bangsa.

Slogan ini diketahui dicetuskan oleh Gayatri, istri raja pertama Majapahit, Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana.

Nagarakretagama menyebutkan, Raden Wijaya menikahi empat putri Raja Singhasari, Kertanagara: Tribhuwana bergelar Tribhuwaneswari, Mahadewi bergelar Narendraduhita, Jayendradewi bergelar Prajnyaparamita, dan Gayatri bergelar Rajapatni.

Selain itu, ia juga memiliki seorang istri dari Melayu bernama Dara Petak bergelar Indreswari.

Dri Gayatri, lahirlah raja ke-3 Majapahit, Tribuwana Tunggadewi yang merupakan nenek Hayam Wuruk, raja yang membawa Mapapahit mencapai kejayaan.

Petilasan sang ratu kini bisa dijumpai berupa Candi Gayatri di Desa/Kecamatan Boyolangu. Candi ini diyakini sebagai tempat penyimpanan abu Gayatri.

“Grebek Bhineka Tunggal Ika untuk mengenang sejarah pendirian negara Indonesia. Semangat perekat menuju persatuan dan nilai luhur yang menjadi roh NKRI,” terang Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved