Jalan Gubeng Ambles

Jalan Gubeng Ambles, Tim Ahli Pastikan Daerah Sekitar Aman

Penyebab pasti amblesnya jalan masih akan diteliti lebih detail. Yang pasti, jalan tersebut ambles karena robohnya tembok penahan tanah.

Jalan Gubeng Ambles, Tim Ahli Pastikan Daerah Sekitar Aman
suryamalang.com/Ahmad Zaimul Haq
Kondisi terkini jalan Gubeng Surabaya yang ambles semalam 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tim Ahli Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memastikan area sekitar jalan yang ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, dalam kondisi aman. Amblesnya jalan hanya bersifat lokal. Artinya, belum ada indikasi potensi pelebaran longsor.

Ahli Bangunan Gedung Kota Surabaya, Muji Hermawan mengatakan, penyebab pasti amblesnya jalan masih akan diteliti lebih detail. Yang pasti, jalan tersebut ambles karena robohnya tembok penahan tanah.

Faktor alam memungkinkan berpengaruh karena hari-hari terakhir Surabaya hujan. Sehingga kandungan air cukup tinggi dan menambah beban tembok penahan air. Ia menambahkan, ada tidaknya kesalahan konsutruksi masih akan diteliti.

"Desainnya sudah oke. Kemudian kalau ada permasalahan di lapangan, kita belum bisa menyimpulkan," katanya, usai menggelar rapat bersama berbagai jajaran di RS Siloam, Rabu (19/12/2018) siang.

Bangunan-bangunan di sekitar lokasi dipastikan akan aman. Misalnya, gedung Bank Negara Indonesia (BNI) dan Toko Elizabeth yang lokasinya paling dekat dengan titik jalan ambles. Menurut Muji, pondasi dua bangunan tersebut didesian kuat sehingga tidak akan bermasalah dengan adanya jalan ambles itu.

"Pondasinya tinggi, dan kuat," tambah dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ruas Jalan Raya Gubeng ambles sepanjang 50 meter dengan kedalaman 10 meter. Lokasi persisnya berada di depan Toko Elizabeth. Jalan ambles sekitar pukul 21.49 WIB. Hingga saat ini, petugas memastikan tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved