Malang Raya

Go Internasional, Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang Mengajar Di Thailand

IBU Malang menjalin kerja sama dengan Yayasan Lukmanulhakeem, Yade, Thailand. Kerjasama tersebut terkait mahasiswa yang magang mengajar di yayasan.

Go Internasional, Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang Mengajar Di Thailand
suryamalang.com/Benni Indo
Para mahasiswa IBU Malang yang mengikuti tes baca Alquran. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - IKIP Budi Utomo  (IBU) Malang meningkatkan kerjasama dengan pihak luar negeri. Di tahun ini, IBU akan mengirim sejumlah mahasiswanya ke luar negeri untuk magang. Tujuannya adalah Thailand.

IBU Malang  menjalin kerja sama dengan Yayasan  Lukmanulhakeem, Yade, Thailand.  Kerjasama tersebut, kata Rektor IBU Malang,  Dr Nurcholis Sunuyeko, terkait mahasiswa yang magang mengajar di yayasan  tersebut.

“Kami diminta mengirim mahasiswa ke Thailand tiap bulan empat orang selama setahun. Mereka ditugaskan untuk mengajar bahasa Indonesia dan mengaji atau membaca Al Quran,” kata Rektor IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko,  Sabtu (5/1/2019).

Maka dari itu, mahasiswa yang dipersiapkan berangkat ke Thailand akan dites baca Alquran. Seleksi itu dilakukan oleh IBU sejak akhir tahun 2018. Pada seleksi hari terakhir, Jumat (4/1/2019), sudah ada 44 orang dari seluruh program studi.

“Tes utama adalah membaca Al Quran, teknik mengajar dan bahasa Inggris,” katanya.  

Nurcholis memberi apresiasi kepada mahasiswa atas tingginya minat mengikuti tes. Menurut dia, wawasan mahasiswa IBU Malang sudah go internasional.

“Mereka sudah memiliki wawasan daya saing yang bersifat global. Wawasan mereka sudah go internasional,” kata Nurcholis Sunuyeko.

Bila wawasan mahasiswa IBU Malang yang sudah mengglobal itu diarahkanNurcholis optimistis bahwa mahasiswa akan selalu meng-up date kemampuannya. Baik itu dalam aspek literasi maupun skill.

Untuk peserta seleksi angkatan pertama ini, Kepala Pusat Kerjasama Dr Rochsun mengatakan, hasilnya akan diumumkan Senin (7/1/2019). Menurut dia, ada empat peserta seleksi yang akan dinyatakan lolos dan berhak diberangkatkan ke Thailand.

“Makanya, proses seleksi sangat ketat dan kompetitif. Apalagi mereka dari berbagai jurusan yang ada di IKIP Budi Utomo,” jelas Rochsun. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved