Kabar Trenggalek

Delapan Terduga Penebang Pohon Sono Keling Di Tulungagung Dan Trenggalek Diamankan Polisi

Delapan orang ini adalah terduga pelaku pembalakan liar, pohon sono keling di tepi jalan nasional Tulungagung dan Trenggalek.

Delapan Terduga Penebang Pohon Sono Keling Di Tulungagung Dan Trenggalek Diamankan Polisi
suryamalang.com/David Yohanes
Para terduga pelaku pembalakkan liar pohon sono keling di jalan nasional Tulungagung dan Trenggalek, tiba di Polres Trenggalek. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Empat minibus, satu truk dan sebuah sepeda motor masuk ke Mapolres Trenggalek, Jumat (12/4/2019), sekitar pukul 13.30 WIB.

Delapan orang dengan mengenakan penutup wajah kemudian keluar dari mobil-mobil itu.

Kasat Rekrim Polres Trenggalek, AKP Sumi Andana yang memimpin rombongan membariskan mereka. "Ayo mana yang lain, cepat baris di belakangnya," kata Andana.

Delapan orang ini adalah terduga pelaku pembalakan liar, pohon Sono Keling di tepi jalan nasional Tulungagung dan Trenggalek. Penangkapan dilakukan di wilayah Kediri. Polisi menyita satu truk plat hitam, AG 9043 RF.

Di dalam bak truk ini berisi potongan kayu sono keling. Satu dari orang yang ditangkap mengenakan seragam ASN. Namun Andana menolak memberikan penjelasan lebih jauh.

Dia hanya memastikan, delapan orang ini terkait pembalakan liar sono keling di tepi jalan nasional Tulungagung dan Trenggalek.

"Kami masih akan gelar perkara, nanti biar disampaikan langsung oleh Pak Kapolres," ujarnya.

Dari informasi yang didapat dari pedagang kayu sono keling, ada satu ASN yang terlibat. Ia berinisial K, dibagian perampasan pohon. Dulunya K bertugas sebagai tukang sapu, kemudian dipindah ke bagian perampasan pohon.

Sebelumnya tim gabungan dari Balai Pemeliharaan Jalan Nasional, Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, Balai Besar KSDA dan LSM lingkungan melakukan penyisiran.

Hasilnya, ada 89 pohon sono keling di tepi jalan nasional Tulungagung dan Trenggalek yang ditebang secara ilegal. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved