Kabar Trenggalek

Tahun Depan, Pembangunan Proyek Besar di Trenggalek Harus Mulai di Awal Tahun

Bupati perintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan dokumen perencanaan proyek 2020 di masa pembahasan APBD perubahan 2019.

Tahun Depan, Pembangunan Proyek Besar di Trenggalek Harus Mulai di Awal Tahun
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek M Nur Arifin ketika memimpin rapat dengan salah satu OPD. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Bupati Trenggalek, M Nur Arifin membuat terobosan baru tentang proses pelelangan proyek besar di Kabupaten Trenggalek.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin itu memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan dokumen perencanaan proyek 2020 di masa pembahasan APBD perubahan 2019.

Hal ini agar tak ada lagi proyek besar yang molor pengerjaannya atau bahkan tak tergarap di tahun depan. Ini juga merupakan evaluasi dari pelaksanaan lelang-lelang besar di tahun ini.

"Untuk kegiatan yang sifatnya besar dan harus lelang di tahun 2020, dokumen perencanaannya harus dikerjakan di APBD Perubahan 2019," kata Mas Ipin, Jumat (28/6/2019).

Ia mewanti-wanti agar mereka yang berkewajiban menyiapkan dokumen perencanaan agar segera bersiap-siap. "Jangan sampai di perubahan anggaran, dokumen perencanaan belum dikerjakan sehingga di 2020 pengerjaannya malah drop dan kegiatan itu gagal dilaksanakan," imbuhnya.

Apabila dokumen perencanaan sudah disiapkan sejak dini, kata Mas Ipin, maka lelang bisa dijalankan di Januari awal. Dengan begitu, pengerjaan proyek bisa dieksekusi pada di awal triwulan kedua.

Harapannya, tim yang bertugas mengevaluasi juga punya waktu lebih longgar. Sehingga semua pekerjaan bisa terlaksana dan cepat, evisien, dan maksimal.

"Dengan begitu, tidak ada lagi alasan pekerjaan tidak terlaksana karena tidak cukup waktu atau tidak ada pemenang lelang," ungkapnya.

Sebelumnya, Mas Ipin sempat mengecek Jalan Lintas Selatan Prigi-Panggul via Munjungan yang rencananya akan dibangun tahun ini.

Proyek senilai Rp 18 miliar itu beberapa kali gagal lelang. Saat itu, Mas Ipin menargetkan lelang jalan tersebut tetap bisa dilaksanakan tahun ini.

"Sekarang sudah ada pemenang lelangnya," kata Mas Ipin, memastikan. Proyek pembangunan JLS itu memang penting sebagai penghubung wilayah pantai selatan dari Tulungagung ke Pacitan. Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di sana. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved