Malang Raya

Profesor Fadel Muhammad Bicara Penguatan DPD di Universitas Brawijaya Malang

Fadel yang terpilih sebagai anggota DPD dan digadang maju menjadi calon pimpinan DPD menjelaskan topik smart decentralization untuk memperkuat DPD RI.

Profesor Fadel Muhammad Bicara Penguatan DPD di Universitas Brawijaya Malang
suryamalang.com/Benni Indo
Profesor Fadel Muhammad saat menjelaskan pandangannya tentang penguatan lembaga DPD di FIA UB, Rabu (10/7/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Guru besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), Profesor Fadel Muhammad berbicara tentang peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di FGD bersama akademisi dan mahasiswa FIA UB, Rabu (10/7/2019). Menurutnya, peran DPD harus diperkuat agar bisa seimbang dengan DPR RI.

Fadel, yang terpilih sebagai anggota DPD dan digadang-gadang maju menjadi calon pimpinan DPD juga menjelaskan topik smart decentralization untuk memperkuat peran DPD.

"Penguatan kelembagaan DPD harus dilakukan. Memang kalau mengubah undang-undang susah. Jadi perannya yang harus diperkuat," kata Fadel, Rabu (10/7/2019).

Dikatakan Fadel, DPD sangat berperan besar untuk kepentingan daerah. Namun selama ini, perannya belum begitu terlihat. Bahkan, banyak masyarakat yang tidak mengetahui peran DPD.

Fadel menunjukkan hasil penelitian Charta Politika, persepsi publik terhadap kinerja DPD dari 800 responden yang tersebar di 8 kota, hanya 37,5 persen masyarakat percaya DPD.

Sebanyak 40,5 persen lainnya mengaku tidak percaya, dan 22 persen tidak menjawab atau tidak tahu. 11,3 persen mengatakan DPD menjalankan fungsinya, 41,1 persen responden tidak tahu apa fungsi lembaga legislatif di Indonesia, termasuk DPD.

Sementara hasil penelitian Ombudsman RI, tingkat kepatuhan dalam pelaksanaan UU No 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik. Untuk pemerintah daerah memiliki tingkat kepatuhan rendah sebanyak 65,75 persen.

"DPD sudah diatur oleh regulasi. Dalam sistem pemerintahan dikenal sebagai dua kamar. Saya ingin bicara, bagaimana penguatan kelembagaan ke depan. Sinergi DPD dengan DPR RI," tegasnya.

Fadel berharap, kepentingan daerah dapat terwakilkan di DPD dengan baik. Sehingga ada hubungan kerja dengan kepala daerah. "Sehingga mereka merasa ada wakil mereka di pemerintahan pusat," terangnya.

Ada tiga hal yang ditawarkan dalam konsep smart decentralization oleh Fadel. Pertama penguatan kelembagaan DPD, kedua hubungan DPD dengan DPR tanpa mengubah UU, ketiga adalah hubungan DPD dengan pemerintah daerah.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved