Kabar Surabaya

Kota Surabaya Sediakan 267 Lapangan Futsal Gratis untuk Warganya, Bisa Digunakan Kapanpun

Lapangan Futsal berstandar tersebut bebas dibuat main sepakbola mini kapanpun tanpa dipungut sewa alias gratis.

Kota Surabaya Sediakan 267 Lapangan Futsal Gratis untuk Warganya, Bisa Digunakan Kapanpun
suryamalang.com/Nuraini Faiq
Beberapa anak saat menikmati fasilitas lapangan futsal berstandar, Lapangan Futsal Taman Apsari, Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA  - Kota Surabaya menyediakan fasilitas lapangan futsal berstandar yang tersebar di hampir semua kampung. Yang luar biasa, lapangan bagus tersebut bebas dibuat main sepakbola mini kapanpun tanpa dipungut sewa alias gratis.

Saat ini, sudah ada 267 lapangan futsal yang berada di setiap sudut kampung. Ada yang berlokasi jadi satu dengan taman atau dekat ruang terbuka hijau lainnya. "Ada juga yang jadi satu dengan lapangan basket," kata Kabid Sarana Prasarana Dispora Surabaya yang juga pengelola, Edi Santoso,  Jumat (19/7/2019).

Namun, lapangan futsal yang jadi satu dengan basket itu berbeda dengan yang murni lapangan futsal. Kalau yang menyatu dengan basket rumputnya berupa semen yang belum berstandar.

Cukup memasang gawang pada kedua ujung lapangan basket sudah jadi lapangan futsal. Kalau murni lapangan futsal, hamparan lapangannya berstandar. Bisa berupa rumput sintetis dan ada pula yang matras.

Edi menyebutkan, yang murni lapangan futsal sebanyak 143 buah. Sementara yang jadi satu dengan lapangan basket sebanyak 124. Jadi total lapangan futsal yang bisa dimanfaatkan sebanyak 267. 

Jumlah itu yang fantastis di tengah kepungan banyak gedung dan perumahan. Meski demikian, Pemkot Surabaya masih menyediakan fasilitas lapangan futsal. Hampir semua dibangun di atas lahan milik Pemkot Surabaya

Edi mengatakan, tidak ada sistem sewa menyewa untuk memakai dan memanfaatkan lapangan futsal tersebut. Fasilitas untuk olahraga itu memang dibangun gratis untuk semua warga kota Surabaya.

Namun, pengelolaannya tidak sepenuhnya diurus Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya. Lapangan-lapangan bagus itu cukup dipercayakan kepada RT dan pengurus kampus setempat. Semua diminta menjaga fasilitas publik itu bersama-sama.

"Kami serahkan kepada kampung. Biasanya dikoordinasi Pak RT atau Pak RW. Namun dijamin gratis dan bebas menggunakan lapangan futsal," tutur Edi.

Edi mengakui bahwa tersedianya lapangan futsal sebagai sarana publik hingga sebanyak 267 lapangan futsal itu menjadi satu-satunya di Indonesia. Daerah yang paling banyak menyediakan fasilitas lapangan futsal terbanyak yang pernah ada di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved