Kabar Jombang

Arkeolog Temukan Jaladwara di Area Pemukiman Besar Era Majapahit di Sumberbeji, Jombang

Arkeolog Temukan Jaladwara di Area Pemukiman Besar Era Majapahit di Sumberbeji, Jombang. Jaladwara adalah pancuran air kuno.

Arkeolog Temukan Jaladwara di Area Pemukiman Besar Era Majapahit di Sumberbeji, Jombang
sutono
Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, menemukan Jaladwara atau pancuran air kuno di sendang Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang, Kamis (1/8/2019). 

SITUS PURBAKALA - Di sendang Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang ada jaladwara  atau pancuran air kuno yang biasa menempel di dinding-dinding petirtaan. 

SURYAMALANG.COM, JOMBANG - Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, menemukan Jaladwara atau pancuran air kuno di sendang Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang, Kamis (1/8/2019).

"Ini ditemukan di tempat saluran air, mengarah ke struktur petirtaan atau kolam. Kami menemukan sudut kolam kurang lebih selebar 12 meter. Kalau kita cerminkan sekitar 24 meter persegi. Kita masih mencari panjang ke arah barat timur. Tadi siang kita menemukan Jaladwara," kata arkeolog BPCB Wicaksono Dwi Nugroho, usai survei penyelamatan hari ketiga pada struktur bata kuno itu, Kamis sore.

Penemuan Jaladwara, menurut Wicaksono, menguatkan dugaan, dulunya di lokasi ada sebuah petirtaan atau kolam air pada masa Majapahit.

"Jaladwara itu pancuran air yang biasa menempel di dinding-dinding petirtaan. Kemungkinan besar tidak cuma satu. Saat ini masih proses pencarian terus," ujarnya.

Seperti diketahui, tim dari  BPCB Jawa Timur di Trowulan, mulai melakukan survei penyelamatan situs Sumberbeji di Dusun Sumberbeji Desa Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Senin lalu. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga Sabtu (3/8) nanti.

Jejak Permukiman Besar Era Majapahit

Arkeolog: Dugaan kami, di area Bulurejo, Sugihwaras, dan Dusun Sumberbeji ini sebenarnya digunakan sebagai kompleks permukiman yang besar.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Misteri bangunan atau struktur bata merah kuno di dasar sendang atau embung Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur, akhirnya terungkap.

Struktur purbakala itu dipastikan saluran air kuno sebagai suplai air bersih ke kompleks permukiman.

Sebelumnya banyak yang menduga struktur bata merah kuno tersebut bekas candi.

Halaman
123
Penulis: Sutono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved