Kota Batu

10 Orang Dikerahkan Menuju Titik Kebakaran di Gunung Arjuno, Besok Pemadaman Pakai Helikopter

KEBAKARAN GUNUNG ARJUNO - Pemadaman dengan teknik water bombing atau bom air yang diangkut helikopter akan dikerahkan lagi pada Selasa (6/8/2019).

10 Orang Dikerahkan Menuju Titik Kebakaran di Gunung Arjuno, Besok Pemadaman Pakai Helikopter
Benni Indo
Panglima Kodam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi saat mendapat pemaparan tentang kebakaran Gunung Arjuno oleh LO BNPB yang juga Skretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono di titik pantau, Senin (5/8/2019). 

Wisnoe tidak ingin dunia internasional menyoroti Indonesia karena persoalan kebakaran. Personil TNI pun telah disiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – BPBD Kota Batu mengerahkan 10 personil untuk mendatangi titik kebakaran di Gunung Arjuno. 10 orang itu berasal dari TNI dan petugas Tahura. Mereka berangkat pada Senin pagi dan diperkirakan kembali sore hari.

“Yang berangkat adalah orang-orang pilihan dengan kekuatan fisik dan pengalaman yang memadai,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Senin (5/8/2019).

Dijelaskan Rochim, personil yang diberangkatkan ditugaskan untuk memastikan bahwa api betul-betul tidak ada.

Sekalipun nantinya ditemukan titik api, maka akan diupayakan pemadaman manual dan mencatat titik koordinatnya.

Rochim menerangkan, jika dilihat dari titik pos pantau, kondisi kebakaran di Gunung Arjuno sudah padam. Namun tidak hanya cukup sampai di situ saja. Untuk memastikan bahwa api betul-betul padam, perlu ditinjau langsung ke lokasi.

Pasalnya, bisa saja masih ada bara api yang kemudian tidak terlihat. Jika bara api itu tidak segera dipadamkan, maka kemungkinan besar akan mengakibatkan kebakaran lagi.

“Makannya kami kirim 10 orang naik ke sana untuk memastikan. Kalau dilihat dari jauh, belum tentu sudah padam betul,” ujar Rochim.

Rochim juga menerangkan, pemadaman dengan teknik water bombing atau bom air yang diangkut helikopter akan dikerahkan lagi pada Selasa (6/8/2019). Bom air akan dijatuhkan di lima titik yang berada di kawasan Gunung Welirang.

“Jika nanti memang ditemukan titik api juga di Arjuno, maka akan dilakukan bom air juga sesuai koordinat yang telah dicatat oleh petugas yang berangkat,” terangnya.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved