Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Tak Ada Ujian Praktik, Pendaftar SNMPTN di Beberapa Prodi Wajib Sajikan Portofolio

Beberapa prodi yang jadi pilihan di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri) seperti di keolahragaan, seni tidak ada ujian praktik.

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Dr dr Moch Yunus MKes, Ketua Panitia SNMPTN-SBMPTN Univeristas Negeri Malang (UM) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Beberapa prodi yang jadi pilihan di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri) seperti di keolahragaan, seni tidak ada ujian praktik. Namun menggunggah portofolio yang dibutuhkan.

"Sekarang berbeda. Portofolio itu sudah ada di web SNMPTN," jelas Dr dr Moch Yunus MKes, Ketua Panitia SNMPTN-SBMPTN Univeristas Negeri Malang (UM), Minggu (23/2/2020). Maka format isiannya sudah disiapkan.

Menurut dia, isiannya sangat detil. Namun diakui ada kekurangan jika mengandalankan portofolio.

"Kadang apa yang disajikan berbeda dengan fakta. Tapi karena sudah jadi kebijakan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), maka kami menjalankan saja. Kalau ada kekurangannya, maka tugas kami membenahinya saat mulai kuliah," jelas pria yang menjabat Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM ini.

Sedang Asosiasi Fakultas Ilmu Keolahragaan sebenarnya juga menginginkan ada tes praktik langsung seperti dua tahun lalu karena lebih faktual.

Begitu juga yang memilih prodi seni di SNMPTN juga melampirkan portofolio yang sudsh ditentukan. Secara umum, persentase SNMPTN di UM kissrannya antara 20 persen-25 persen. Sedang diaturan minimal 20 persen.

"Ini yang saya lihat di prodi-prodi. Sedang untuk SBMPTN antara 40 persen sampai 45 persen. Sedang untuk mandiri maksimal 30 persen," kata dia. Ia mencontohkan untuk empat prodi di FIK, untuk SNMPTN mengambil porsi 25 persen.

Contohnya untuk Prodi Kesehatan Masyarakat pagu totalnya 160 orang. Maka untuk SNMPTM yang diterima hanya 40 orang karena 25 persen.

Terbaru di tahun ini, sekolah yang melakukan pemeringkatan sekolah bagi siswanya sesuai nilai akreditasi sekolah. Mereka yang eligible bisa mendaftar ke SNMPTN.

"Namun untuk.proses seleksi dilakukan oleh LTMPT," ujarnya.. Ia menyarankan siswa memilih prodi sesuai jurusan yang diambil.

"Ya bisa saja tidak linier. Tapi nanti jika sudah diterima di prodi yang tidak linier, maka harus kerja lebih keras," jawabnya.

Berbeda jika memilih prodi yang linier. Maka saat kuliah lebih mudah. Saat ini SNMPTN sedang proses pendaftaran.

Dikatakan, mahasiswa baru yang diterima di UM secara global tidak ada ada kenaikkan untuk jenjang S1. Tapi Rektor UM ingin ada kenaikkan maba di jenjang pasca sarjana.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved