Nasional

Asteroid Tabrak Gunung Merapi Sebelum Erupsi 3 Maret, Videonya Viral di Luar Negeri, Ini Faktanya

Asteroid Tabrak Gunung Merapi Sebelum Erupsi 3 Maret, Videonya Viral di Luar Negeri, Ini Faktanya

IST
Gambar cuplikan video asteroid menabrak Gunung Merapi. Video ini dikirimkan Jenni J dan diunggah di akun Youtube, MrMBB333. Video ini viral, setelah Gunung Merapi di Jawa Tengah itu luncurkan awan panas pada Selasa (3/3/2020) lalu. 

SURYAMALANG.COM - Video menampilkan asteroid menabrak Bumi di belakang Gunung Merapi, Jawa Tengah, viral dan menjadi perhatian para warga jagad maya.

Sebab, video itu diambil beberapa waktu sebelum gunung berapi teraktif di Indonesia itu menyembulkan awan panas, pada Selasa (3/3/2020) lalu.

Bahkan, video yang diunggah pemilik akun Youtube, MrMBB333, ini telah menarik media internasional.

Melansir Daily Star, Jumat (6/3/2020), rekaman video ini menunjukkan asteroid jatuh menabrak gunung berapi ini telah menjadi viral di media daring.

Dalam video ini menunjukkan siluet Gunung Merapi di Indonesia pada 29 Februari, tepat dua hari sebelum gunung yang berada di antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini kembali erupsi pada 3 Maret 2020 lalu.

Tampak di sebelah kiri, sebuah gambar terang meluncur melintasi langit dengan jejak cahaya di belakangnya.

Berdasarkan unggahan video tersebut, Jenni J pemilik video itu mengirimkan kepada pengguna akun MrMBB333, dan seolah meyakinkan kilatan cahaya itu adalah asteroid.

"Lihatlah lintasan rendah benda itu. Itu bukan bola api, itu merupakan asteroid besar, setidaknya seukuran truk," kata Jenni dalam klip tersebut.

Saat ini, lebih dari 56.000 orang melihat rekaman video asteroid jatuh di belakang Gunung Merapi itu.

Menanggapi viralnya video itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengaku meragukan rekaman video tersebut.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved