Breaking News:

Kesehatan

Hasil Riset Harvard Medical School Menduga Virus Corona Sudah Ada di China Sejak Agustus 2019

Sebuah hasil riset menyebutkan bahwa diduga virus corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19 sudah menjalari China sejak Agustus 2019

Shutterstock
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 China 

SURYAMALANG.COM - Sebuah hasil riset menyebutkan bahwa diduga virus corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19 sudah menjalari China sejak Agustus 2019.

Studi dari Harvard Medical School menunjukkan SARS-CoV-2 kemungkinan menyebar di China sejak Agustus 2019.

Artinya wabah sudah menyebar beberapa bulan sebelum diduga pecah di Wuhan.

Harvard Medical School mempublikasi hasil risetnya itu Selasa (9/6/2020).

Riset menunjukkan adanya peningkatan kunjungan ke rumah sakit Wuhan, kota di bagian tengah China di mana SARS-CoV-2 berasal.

Peningkatan pasien berkorelasi sangat erat dengan meningkatnya pencarian di internet dengan kata kunci yang punya relasi dengan gejala Covid-19 mulai bulan Agustus 2019.

Para peneliti menggunakan citra satelit dari tempat parkir rumah sakit di Wuhan dan menganalisa data dari mesin pencari buatan China, Baidu, dengan terminologi yang punya kaitan dengan Covid-19, seperti batuk atau diare.

“Meningkatnya lalu lintas di rumah sakit dan pencarian data simtom di Wuhan, mendahului dokumentasi dimulainya pandemi SARS-CoV-2 pada bulan Desember," demikian kata hasil riset tersebut.

Konsensus ilmiah asal patogen

Riset Harvard itu berbasis pada meningkatnya riset yang dilakukan untuk melacak apakah SARS-CoV-2 sudah menyebar di China sebelum pandemi Wuhan bisa diidentifikasi.

Halaman
1234
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved