Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

SILPA 2020 Capai Rp 310 Miliar, Dewan Minta Pemkot Batu Efektif Serap Anggaran

Sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA) 2020 Kota Batu mencapai Rp 310 Miliar.

Pemkot Batu
Ilustrasi - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko 

SURYAMALANG.COM | BATU - Sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA) Kota Batu mencapai Rp 310 M. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyebutkan angka tersebut di hadapan anggota DPRD Batu saat paripurna penyampaian Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Batu tahun 2019, Selasa (7/7/20220) lalu.

SILPA realisasi penggunaan anggaran tahun 2019 ini lebih besar dibandingkan tahun 2018 lalu yang mencapai Rp 271 miliar. Dewanti menjabarkan alasan tak terserapnya anggaran, di antaranya beberapa program yang tak terlaksana 100 persen, termasuk terhentinya rencana pembangunan hanggar pemadam kebakaran yang masuk dalam proyek APBD tahun 2019.

Terhentinya pembangunan hanggar pemadam kebakaran yang berada di belakang Balai Kota Among Tani Kota Batu tersebut gagal terlaksana karena gagal lelang.

"Kemarin gagal lelang, akhirnya dianggarkan di tahun ini untuk lelang ulang. Kelanjutan pembangunannya berjalan di 2020 ini," kata Dewanti.

Selain program kerja yang tak terlaksana optimal, efisiensi dan pengalihan anggaran menjadi faktor yang menyebabkan SILPA.

Dana senilai Rp 100 miliar dialihkan ke dalam biaya tak terduga (BTT).

BTT tersebut, selain untuk urgensi siaga bencana, juga dicadangkan sebagai simpanan untuk pembangunan Pasar Besar Kota Batu.

Cadangan simpanan yang disiapkan senilai Rp 100 miliar agar bisa direalisasikan pada 2021.

"Antisipasi jika sewaktu-waktu pasar tak mendapat bantuan dari pusat. Dan ternyata kami dapat bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp 200 miliar sehingga bisa dimulai pada 2021 nanti. Kami sangat bersyukur sekali," papar dia.

Di masa pandemi ini, Dewanti ingin sisa anggaran di tahun sebelumnya itu bisa dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Ia berharap agar dana tersebut bisa digunakan secara efektif mengingat ada rentang waktu yang masih agak panjang.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved