Breaking News:

Berita Lumajang Hari Ini

Bupati Lumajang Buka Pintu Investasi Pengembangan Destinasi Wisata

Bupati, Thoriqul Haq, membuka pintu seluas-luasnya kepada para investor yang akan menanam modal di Kabupaten Lumajang

suryamalang.com/tony hermawan
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah) saat ditemui di Ranu Pani seusai mengikuti upacara dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Semeru, Kamis (1/10/2020). 

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Bupati, Thoriqul Haq, membuka pintu seluas-luasnya kepada para investor yang akan menanam modal di Kabupaten Lumajang.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan dari JK Owners East  Java (OEJ) di Pendopo Arya Wiraraja, Sabtu malam (17/10/2020).

"Kami sedang menggerakkan agar pariwisata kembali hidup, dan kami buka seluas luasnya jejaring investasi datang ke Lumajang," kata Bupati, Sabtu malam (17/10/2020).

Bupati Thoriq menyebut, destinasi wisata di daerah yang dipimpinnya itu cukup banyak, dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Wisata yang dikenalkan antara lain Ranupani, B29, Tumpak Sewu dan beberapa komoditi unggulan Lumajang seperti coffee wine.

Sejauh ini, kata Thoriq, beberapa tempat tujuan wisata di Lumajang sudah sempat dipoles. Namun pengelolaannya lebih lanjut, belum berjalan maksimal. 

Sehingga perlu adanya komitmen dan kerja sama yang baik untuk lebih mengoptimalkan pengembangannya.

"Kalau destinasi wisata benar-benar digarap, kuliner pasti tumbuh, handycraft pasti tumbuh dan perekonomian masyarakat pasti juga akan ikut tumbuh," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, pembangunan daerah di sektor pariwisata, memang bagian dari tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat. Namun demikian, bukan berarti pihak lain tak diberi ruang untuk ikut berperan aktif.

Dalam kesempatan itu, Indah pun turut mengenalkan Bumi Perkemahan Glagah Arum yang diharapkan dapat menunjang wisata B29.

"Tahun depan kalau bapak atau ibu datang ke B29, insya Allah tahun depan kami sudah memiliki glamping atau glamour camping di Bumi Perkemahan Glagah Arum, jadi bisa bermalam di situ, jaraknya tidak terlalu jauh dari B29, sekitar 10 menit," jelas Bunda Indah.

Sementara itu, Ketua Umum JK OEJ Bambang menjelaskan bahwa kedatangannya ke Lumajang tidak hanya untuk berwisata namun juga melakukan baksos dan mencari peluang investasi.

Beberapa di antara anggota JK OEJ bahkan mengungkapkan ketertarikannya menggarap wisata Tumpak Sewu dan sarana penunjang di sekitar Pura Mandara Giri Semeru Agung.

"Ini gayung bersambut, Pak Bupati menawarkan investasi ke kami, kebetulan anggota dari kami juga beberapa merupakan investor, apabila ada kesempatan kami siap berinvestasi di Lumajang," ujarnya. 

Penulis: Tony Hermawan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved