Pilbup Malang

Bawaslu Kabupaten Malang Komentari Dukungan Bupati Lumajang Kepada Paslon Ladub

Bawaslu Kabupaten Malang : Thoriqul Haq harus mematuhi regulasi yang berlaku. Pasalnya, Thoriq hingga kini masih menjabat sebagai Bupati Lumajang.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Erwin Wicaksono
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, George da Silva. 

Penulis : Erwin Wicaksono, Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Bawaslu Kabupaten Malang komentari dukungan yang disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq kepada pasangan Calon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang, Lathifah Shohib - Didik Budi Muljono (Ladub).

Komentar itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten, George da Silva.

Menurut George, setiap warga negara boleh saja menentukan dukungan politik.

"Setiap orang mempunyai akses dan pilihan pribadi tidak bisa dilarang itu hak asasi pilihan kepada calon-calon," terang George ketika dikonfirmasi pada Senin (2/11/2020).

George menambahkan, Thoriqul Haq harus mematuhi regulasi yang berlaku. Pasalnya, Thoriq hingga kini masih menjabat sebagai Bupati Lumajang.

"Bupati Lumajang Thoriqul harus tunduk dan patuh kepada UU No 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota dan ketentuan PKPU yang terkait dengan Pilkada," imbuh pria berkepala plontos ini.

Terkait keikutsertaan Bupati Lumajang tersebut dalam kampanye Ladub, George menyiratkan sebuah pesan.

"Saya hanya mengingatkan beliau adalah Bupati Lumajang yang wilayahnya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Malang seperti Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit dan Turen. Jangan sekali ikut berkampanye di wilayah Kabupaten Malang harus taat kepada zona kampanye," ujar George.

George menyatakan, Thoriq harus terdaftar sebagai tim kampanye Ladub dan melakukan cuti jika ingin ikut kampanye.

"Harus terdaftar sebagai Tim Kampanye di KPU Kabupaten Malang, izin cuti juga," jelas George.

Namun, George menyakini Thoriqul Haq telah mengetahui regulasi dan konsekuensi yang berlaku atas keputusan mendukung paslon Ladub.

"Beliau Bupati Lumajang memahami dan mengerti larangan dalam Pilkada berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," tutup George.

Di sisi lain, Juru Bicara Tim Pemenangan Malang Bangkit, Anas Muttaqin menerangkan, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq tidak termasuk dalam tim kampanye Malang Bangkit.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved