Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa UMM Ingin Wujudkan Aplikasi Pembelajaran E-LEMUR, Esai Aplikasi Ini Antar jadi Juara

"Kami ingin membuat inovasi pembelajaran yang multifungsi dan efektif serta memudahkan proses pembelajaran”

ISTIMEWA
Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM yaitu Abdi Malik Rahardjo dan Jodii Arlan Kurnia baru saja meraih juara 3 lomba esai nasional yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Minggu (20/12/2020). Mereka menulis tentang aplikasi E-Learning For Make You Better (E-LEMUR) yang ingin diwujudkan aplikasinya agar bisa dimanfaatkan. 

Penulis : Sylvianita Widyawati , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM yaitu Abdi Malik Rahardjo dan Jodii Arlan Kurnia baru saja meraih juara 3 lomba esai nasional yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Minggu (20/12/2020).

Mereka menulis tentang aplikasi E-Learning For Make You Better (E-LEMUR). Ia ingin mewujudkan ide esai itu sehingga bisa dimanfaatkan.

Menurut Malik, pandemi telah membawa kebiasaan baru di kehidupan bermasyarakat. Termasuk dalam proses belajar mengajar.

Sejak munculnya kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah memberlakukan proses belajar mengajar luring menjadi daring.

Tujuannya untuk menekan angka penularan Covid-19 di lingkungan institusi pendidikan.

"Namun format daring ini memunculkan problematika baru. Misalnya akses internet yang tidak merata di Indonesia. Guru dan siswa juga merasa kesulitan memahami berbagai macam aplikasi,” jelasnya, Selasa (22/12/2020).

Hal itu membuat mereka menulis dan menuangkan idenya dalam sebuah esai.

"Kami ingin membuat inovasi pembelajaran yang multifungsi dan efektif serta memudahkan proses pembelajaran” papar Malik dalam siaran pers humas UMM.

Malik kembali menjelaskan bahwa aplikasi ini akan memiliki lima menu utama. Menu yang pertama adalah pembelajaran yang berfungsi untuk melakukan proses belajar dan mengajar.

Adapun modelnya akan mengikuti Zoom dan Google Meet.

Kemudian menu kedua adalah review materi. Sistem yang digunakan mirip dengan apa yang disajikan Google Drive.

Sehingga siswa dan mahasiswa dapat mengakses materi yang telah disampaikan oleh guru atau dosen dengan sekali tekan.

Menu ketiga adalah Augmented Reality yang berguna untuk mengubah semua gambar menjadi bentuk 3D.

Sementara menu keempat dan kelima adalah evaluasi serta menu ujian. Kedua menu ini akan memudahkan guru untuk memuat berbagai post test, ujian, ulangan harian, ujian akhir semester dan ujiannya lainnya.

Dikatakan, untuk mewujudkan gagasan di esai itu, ia dan timnya ingin merealisasi idenya dengan menggandeng komunitas digital inovasi yang ada di Malang. Sehingga tidak berhenti di esai saja, namun juga bisa berbentuk aplikasi yang sebenarnya. Ini sebagai salah satu solusi pembelajaran online yang simpel dan mudah.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. SURYAMALANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved