Breaking News:

Penanganan Covid

5 Cara Penggunaan Masker yang Benar dan Aman untuk Cegah Covid-19 atau Varian Virus Corona B.1.1.7

Demi memaksimalkan keefektifan masker, pastikan masker pas di mulut, di lubang hidung, hingga batang hidung, dan tidak boleh ada celah sama sekali.

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Dyan Rekohadi
ILUSTRASI - Penggunaan masker medis yang dilapisi masker kain atau masker KN95 bisa jadi salah satu cara penggunaan masker yang lebih aman menangkal virus Corona 

SURYAMALANG.COM - Upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Indonesia terus dilakukan termasuk dengan gencarnya vaksinasi Covid-19.

Meski vaksinasi sudah dilakukan untuk jutaan warga dari kelompok tertentu, penggunaan masker tetap menjadi senjata terbaik saat ini untuk mencegah penularan.

Baik warga yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 maupun yang belum diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker.

Terlebih saat ini telah terpantau mulai menyebarnya varian baru virus corona B.1.1.7 yang dapat meningkatkan risiko penularan menjadi kian tinggi.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat merekomendasikan agar setiap orang memperketat pemakaian masker selama masa pandemi ini.

Bukan hanya sekedar mengenakan masker apa adanya, para ahli mengingatkan untuk menggunakan masker yang tepat secara benar.

"Masker kain mungkin 50 persen efektif dalam memblokade virus dan aerosol," kata Linsey Marr, seorang peneliti di Virginia Tech yang mempelajari penularan virus melalui udara.

"Tetapi kita berada di titik bahwa kita membutuhkan perlindungan lebih dari 50 persen," sambung dia.

Marr mengungkapkan, memang saat kita berada di luar ruangan, di mana udara segar dapat dengan cepat menyebarkan tetesan virus dan partikel yang lebih kecil, masker kain tetap baik-baik saja.

Namun partikel infeksius dapat menumpuk di dalam ruangan dan saat itulah kita harus menggunakan masker yang lebih baik untuk menghalangi masuknya virus.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved