Breaking News:

Virus Corona di Sampang

Gelombang Kepulangan Ribuan TKI ke Sampang Justru Tak Terbendung di Saat Kasus Covid-19 Meningkat

Sejauh ini jumlah TKI yang pulang dari negara perantauannya ke Sampang jumlahnya merangkak ke angka 2 ribu orang.

Editor: Dyan Rekohadi
TribunMadura/Hanggara Pratama
Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Jalan Syamsul Arifin, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (23/6/2021). Gedung yang akan dijadikan tempat isolasi TKI ini kapasitasnya tak mampu menampung ribuan TKI Sampang 

Penulis : Hanggara Pratama

SURYAMALANG.COM, SAMPANG - Gelombang Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura yang pulang tak terbendung di saat kasus Covid-19 jadi perhatian di kabupaten ini.

Sejauh ini jumlah TKI yang pulang dari negara perantauannya ke Sampang jumlahnya merangkak ke angka 2 ribu orang.

Di sisi lain, kondisi Kabupaten Sampang kini jadi perhatian karena jumlah kasus Covid-19 yang meningkat dan ditemukannya penyebaran virus corona varian Delta di kabupaten ini.

Karena jumlah TKI yang mencapai angka ribuan, Pemda setempat bahkan tak bisa berbuat banyak ketika rencana penerapan isolasi terpadu tak bisa berjalan karena minimnya kapasitas tempat isolasi.

Sejumlah TKI yang baru tiba itu akhirnya menjalani isolasi secara mandiri.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang memberikan kebijakan agar pejuang devisa itu diisolasi minimal tiga hari di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Sampang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan DPMPTSP dan Naker Sampang, Agus Sumarso mengatakan, bahwa memang sebelumnya para TKI harus diisolasi di Gedung BLK Sampang guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Namun, rencana itu diurungkan, melihat jumlah TKI yang dipulangkan dari Negeri perantauannya membeludak, sehingga membuat gedung BLK tidak mampu membendungnya.

"Gedung BLK hanya mencukupi sekitar 50 orang, sedangkan jumlah TKI mulai 30 April 2021 sampai 9 Juni 2021 mencapai 1997 orang," ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved