Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Potret Siti Ruqoyah, Mantan TKW Asal Kota Kediri yang Sukses Jadi Pengusaha Kain Tenun Ikat

Siti Ruqoyah mampu bangkit dan mengembangkan usaha kain tenun ikat yang menyerap ratusan tenaga kerja warga sekitar rumahnya.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: isy
akira tandika/suryamalang.com
Pemilik UMKM Tenun Medali Mas Bandar Kidul Kota Kediri, Siti Ruqoyah, dalam Talkshow HUT Kota Kediri ke-1142 bersama TribunJatim Network, Senin (27/7/2021). 

Berita Kediri Hari Ini
Reporter: Didik Mashudi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Ulet, tekun dan pantang menyerah itulah energi positif yang dimiliki Siti Ruqoyah, mantan TKW yang sukses merintis usaha kain tenun ikat Kelurahan Bandarkidul, Kota Kediri.

Meski sempat bangkrut saat krisis moneter (krismon) tahun 1998, saat ini Siti Ruqoyah mampu bangkit dan mengembangkan usaha yang menyerap ratusan tenaga kerja warga sekitar rumahnya.

Pasca bangkrut karena dihantam krismon, Siti Ruqoyah kemudian mencari modal usaha dengan menjadi tenaga kerja wanita (TKW) ke Arab Saudi. 

Uang yang ditabung dari hasil jerih payahnya menjadi tenaga kerja di luar negeri dikumpulkan untuk memulai  modal usaha kain tenun lagi. 

"Uang hasil kerja di luar negeri setelah untuk memperbaiki rumah, saya gunakan untuk mengumpulkan alat-alat tenun lagi. Kami mulai dari nol lagi," ungkap Siti Ruqoyah kepada Surya, Selasa (27/7/2021).

Modal awal merintis kembali usaha tenun senilai Rp 25 juta digunakan untuk mengumpulkan alat tenun yang sempat terbengkalai.

"Saya merintis usaha mulai dari nol lagi," ungkapnya.

Kebetulan saat memulai usaha berkenalan dengan Wali Kota Kediri Achmad Maschut yang banyak membantu memulai usahanya.

"Istri Walikota yang berasal dari Bali sempat bertanya kenapa produknya hanya kain sarung. Coba bikin kain untuk baju, nanti akan dibantu Pemkot Kediri," ujar Siti Ruqoyah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved