Breaking News:

Berita Mojokerto Hari Ini

Kendaraan Matic Bakal Dilarang Lewat Jalur Tengkorak Cangar-Pacet, Dishub dan KNKT Beri Rekomendasi

Rencana larangan itu sebagai upaya  peningkatan keselamatan daerah rawan kecelakaan di ruas jalan provinsi yakni Cangar Kota Batu-Pacet Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Mohammad Romadoni
Dishub Jatim bersama KNKT saat meninjau jalur ekstrem Cangar-Pacet, Sabtu (16/10/2021). 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO -  Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur bersama 
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal melarang kendaraan matic melintas di jalur tengkorak Cangar-Pacet.

Rencana larangan itu sebagai upaya  peningkatan keselamatan daerah rawan kecelakaan di ruas jalan provinsi yakni Cangar Kota Batu-Pacet ,Kabupaten Mojokerto lantaran sering terjadi kecelakaan. 

Pasalnya, kendaraan matic melewati jalan turunan Cangar-Pacet seringkali mengalami disfungsi rem atau rem blong sehingga memicu fatalitas kecelakaan hingga merenggut korban jiwa.

Kasi Pengendalian dan Operasional UPT LLAJ Mojokerto Dishub Provinsi Jatim, Yoyok Kristyowahono mengatakan pihaknya berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah Kota Batu dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait rencana larangan kendaraan matic melintas terutama di jalur turunan tajam Cangar-Pacet. 

Pihaknya juga melakukan pengecekan di lokasi menggunakan kendaraan matic melintas dari Cangar menurun menuju Pacet-Batu.

"Bukan dilarang tapi diimbau untuk tidak melintas pada turunan jalan tersebut, baik mobil dan motor matic tapi ada mobil matic yang bisa dibuat manual (Triptonic),"
," ungkapnya, Sabtu (16/10/2021). 

Dia menyebut pihaknya juga mengkaji  jalan alternatif yang nantinya akan diperuntukkan hanya saat menurun saja dan jalur Existing dibuat hanya untuk menanjak. Sebab, dia juga mempertimbangkan adanya sejumlah UMKM yang berada di jalur Cangar-Pacet tersebut.

"Jadi kita tidak semena-mena memberikan larangan namun juga solusi apalagi di sepanjang jalur Cangar-Pacet Cangar banyak UMKM yang juga harus dipikiran," jelasnya.

Yoyok menjelaskan sesuai pemaparan Ketua (KNKT) Soerjanto Tjahjono memberikan saran terhadap perusahaan yang memproduksi sepeda motor matic agar mengubah dan menambahkan saffety kendaraan saat melintas di jalan turunan tajam. 

"KNKT akan melayangkan surat ke Kementrian Perindustrian untuk mengkaji kendaraan apa yang cocok untuk geometris seperti jalan yang ada di Indonesia yang banyak pegunungan seperti di jalur Cangar-Pacet," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved