Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Sistem Persampahan Jadi Fokus Seluruh Fraksi DPRD Kota Malang atas Raperda Pengelolaan Sampah

 Seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Malang telah menyepakati dan menyetujui Raperda Pengelolaan Sampah untuk dijadikan Perda di Tahun 2021.

rifky edgar/suryamalang.com
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kota Malang atas Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Malang di Tahun 2022 dan Raperda Pengelolaan Sampah, Selasa (23/11/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Malang telah menyepakati dan menyetujui Raperda Pengelolaan Sampah untuk dijadikan Perda di Tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan, dalam kegiatan rapat paripurna tentang pendapat akhir fraksi DPRD Kota Malang tentang Ranperda Pengelolaan Sampah pada Selasa (23/11).

Dari Fraksi PDIP, yang disampaikan oleh Ferry Kurniawan mengatakan, bahwa ada dua hal penting yang harus dilakukan dalam pengelolaan sampah di Kota Malang.

Pertama ialah pengelolaan sampah jangka pendek, menengah dan panjang yang dilengkapi dengan sistem penanganan yang optimal dalam penyelesaian persampahan di Kota Malang.

Cara tersebut dapat dilakukan dengan pola umum yang sudah diterapkan dengan prinsip 3R yaitu reduce, reuse dan recycle.

"Kedua, pengelolaan sampah Multi Manfaat, yaitu pemerintah kota Malang harus menyiapkan berbagai komponen supaya pengelolaan sampah dapat bermanfaat bukan hanya sebagai solusi mengatasi kerusakan lingkungan, akan tetapi multi dimensi baik bermanfaat dalam aspek sosial, ekonomi, pembangunan, edukasi, kesehatan dan pariwisata," ucapnya.

Dalam pengelolaan sampah ini, Fraksi PDIP meminta agar Pemerintah Kota Malang diminta serius dalam menyikapi persampahan di Kota Malang.

Fraksi PDIP juga mendorong, ke depan ada sejumlah peningkatan yang dilakukan untuk pengelolaan sampah ini, di antaranya ialah dengan meningkatkan sistem pengelolaan penampungan sampah secara tertib.

Salah satunya ialah ketika melakukan pembuangan sampah dari masyarakat ke TPS harus menerapkan jam-jam pembuangan sampah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved