Berita Malang Hari Ini

Enam Profesor Baru UM Dikukuhkan, Ada Profesor Peralihan dari UTM Serta Profesor Termuda

Sidang terbuka Senat Akademik Univesitas Negeri Malang (UM) mengukuhkan enam profesor baru, Kamis (30/6/2022).

Prof Hadi Nur PhD, profesor peralihan dari UTM Malang ke Universitas Negeri Malang (UM) yang dikukuhkan Kamis (30/6/2022). 

SURYAMALANG.COM|MALANG- Sidang terbuka Senat Akademik Univesitas Negeri Malang (UM) mengukuhkan enam profesor baru, Kamis (30/6/2022).

Mereka adalah Prof Hadi Nur PhD, Prof Dr Ahmad Taufiq MSi, Prof Dr Nasikh SE MP MPd, Prof Dr Sentot Kusairi SPd MSi, Prof Prof Dr Sri Rahayu Lestari MSi dan  Prof Dr Drs HA Supriyanto MPd MSi. Menurut Rektor UM Prof Dr AH Rofi'uddin MPd merasakan pengukuhan ini khusus.

"Ada yang perlu saya sampaikan bahwa Prof Hadi Nur ini profesor peralihan dari UTM Malaysia ke UM. Awal perkenalan ketika saya ke Malaysia pada enam atau tujuh tahun lalu," kata Rektor dalam pidatonya.

Ia kemudian diundang ke UM ke gedung A3 waktu itu untuk memaparkan strategi internasionalisasi. Ia kemudian ingin menjadikan Hadi Nur sebagai adjunct profesor di UM.

Rektor menyampaikan pada Prof Nasir, Menristek Dikti saat itu dan dibuatkan regulasinya. Saat itu bisa dibilang Prof Hadi Nur menjadi yang pertama di Indonesia. Ia jadi adjunct profesor di FMIPA UM sejak 2017.

Untuk proses peralihan jadi profesor UM, Hani Nur menyatakan perlu waktu satu tahun. Ia baru kembali ke Malang pada Juni ini.

Saat bertemu wartawan pada Rabu (29/6/2022), logat Bahasa Indonesianya masih seperti logat Malaysia. Ia mengaku merasa senang kembali ke tanah air.

"Kuliah saya awalnya di ITB," jelasnya.

SK keseteraan sebagai profesor di UM keluar pada 2021. Rektor berharap upaya UM ini bisa diikuti perguruan tinggi lain. Sehingga diaspora kembali ke Indonesia. 

Rektor mengatakan Prof Hadi Nur akan membantu UM dalam internasionalisasi.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved