Berita Malang Hari Ini

Dukung Pemkot Tekan Inflasi, Ketua DPRD Kota Malang Sarankan Gelar Operasi Pasar

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mendorong Pemerintah Kota Malang agar melakukan operasi pasar untuk mengendalikan inflasi.

suryamalang.com/rifky
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mendorong Pemerintah Kota Malang agar melakukan operasi pasar untuk mengendalikan inflasi. 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mendorong Pemerintah Kota Malang dalam hal ini eksekutif agar melakukan operasi pasar untuk mengendalikan inflasi.

Dia mendukung penuh, upaya yang dilakukan Pemkot Malang dalam mengendalikan inflasi ini.

Seperti halnya instruksi yang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk menekan laju inflasi.

"Inflasi ini memang menjadi pehatian kita bersama. Kalau inflasi tinggi gak bagus juga untuk perekonomian di kota Malang," ucapnya, Senin (22/8/2022).

Pemkot Malang pun berencana melakukan operasi pasar dengan menggandeng Corporate social responsibility atau CSR.

Langkah ini dilakukan, dengan melihat terlebih dulu, harga kebutuhan pokok di pasaran.

Sebab, pada periode Juli 2022 kemarin, inflasi di Kota Malang disebabkan oleh kebutuhan sekolah dan jasa transportasi.

"Kami mendukung langkah dari Pemkot Malang. Dalam menekan inflasi ini tidak hanya peran dari pemerintah saja. Namun, juga pihak-pihak lain seperti perusahaan besar. Maka disinilah, ada upaya gotong royong dalam bersama," ujarnya.

Politisi PDIP itu menjelaskan, bahwa Pemkot Malang sebenarnya memiliki anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang ada di Diskopindag, Dispangtan dan Rumah Potong Hewan (RPH).

BTT inilah, diharapkan oleh Made dapat difungsikan untuk operasi pasar, mana kala terjadi kelonjakan harga pangan di Kota Malang.

"Kami bersama menganggarkan BTT itu untuk menekan inflasi. Kami mengharapkan pemerintah bisa melakukan operasi pasar jika harga-harga semua naik,"

"Tapi yang perlu digarisbawahi pula, bahwa inflasi ini kaitannya dengan daya beli masyarakat yang mulai naik," tandasnya.

Sebelumnya, Pemkot Malang berencana akan menggandeng sejumlah pihak melalui program (Corporate Social Responsibility) untuk menekan inflasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji usai menghadiri rapat koordinasi Nasional pengendalian inflasi secara virtual, pada Kamis (18/9/2022) kemarin.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved