Berita Malang Hari Ini

Siswa SMAN 21 Surabaya Teliti Musik Rock Dalam Percepatan Proses Pembuatan Tempe

Selain mempengaruhui perkembangan otak manusia, musik rock ternyata juga mempengaruhi proses fermentasi dalam pembuatan tempe.

sulvi
Musik Rock ternyata tidak hanya mempengaruhi perkembangan otak manusia. Tetapi juga proses fermentasi dalam pembuatan tempe. Hal ini dibuktikan para siswa SMAN 2 Surabaya yang berlaga dalam kompetisi Internasional. 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Musik Rock ternyata tidak hanya mempengaruhi perkembangan otak manusia.

Musik rock ternyata juga mempengaruhi proses fermentasi dalam pembuatan tempe.

Hal ini dibuktikan para siswa SMAN 2 Surabaya yang berlaga dalam kompetisi Internasional.

Ide inovatif anak bangsa dalam pemanfaatan teknologi ditunjukkan Siswa SMAN 21 Kota Surabaya hingga mendapat medali emas dalam WSEEC (World Science, Environment and Engineering Competition) 2022 UI Salemba. 

Tak hanya memperoleh prestasi Gold Medal, mereka yang beranggotakan Michelle Tiffany Laowo, Christine Aulina Anugrah, Tirta Ayu Ningrum, Nael Nahdiyah Azzahra, M Faishal Al Faruq xan M Labib Abyan juga memperoleh penghargaan Fully Funded Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2022, serta Iysa Grand Award.

Penghargaan ini diperoleh berkat penelitian terbaru mereka tentang pengaruh musik rock dalam percepatan fermentasi tempe. 

Dijelaskan ketua tim, Michelle inovasi ini juga didukung inkubator Tech  Fregesio yang dilengkapi dua lampu berdaya masing-masing 40 watt, busa dan thermometer. 

Selain itu juga dilengkapi dengan speaker dan musik rock untuk membantu percepatan fermentasi pada tempe. 

Biasanya, jika manual proses fermentasi membutuhkan waktu selama 36 jam atau dalam waktu 2 hari. 

"Tapi karena kita menggunakam inkubator dan musik rock ini waktu proses fermentasi tempe hingga hanya membutuhkan waktu 4 jam dari kedelai yang bercampur ragi hingga menjadi tempe siap pakai," ujarnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved