Jendela Dunia

6 Orang Tewas dalam Ledakan Bom di Istanbul Turki, KBRI Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban

6 Orang Tewas dalam Ledakan Bom di Istanbul Turki, KBRI Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban

Editor: Eko Darmoko
Tangkapan Layar YouTube Kompas.com
Ledakan bom di kawasan Taksim Square, Istanbul, Turkiye, Turki, Minggu (13/11/2022). 

SURYAMALANG.COM - Ledakan bom terjadi di Istanbul, Turkiye atau Turki, pada Minggu (13/11/2022).

Menanggapi ledakan bom di Istanbul, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara, Turki, memastikan bahwa sejauh ini tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

"Hingga saat ini tidak terdapat informasi mengenai WNI yg menjadi korban," tulisnya dalam keterangan resmi, dikutip SURYAMALANG.COM dan Kompas.com dari Antara.

Kendati demikian, KBRI Ankara dan KJRI Istanbul hingga saat ini masih terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat serta komunitas masyarakat Indonesia yang ada di sekitar lokasi.

Menurut catatan KJRI Istanbul, terdapat sebanyak 500 orang WNI yang menetap di Istanbul.

Dilansir dari BBC, Senin (14/11/2022), jumlah korban akibat ledakan bom di Istanbul, Turkiye itu dilaporkan ada enam orang.

Sementara korban yang mengalami luka-luka berjumlah 81 orang.

Kronologi

Sebuah ledakan bom terjadi di kawasan Taksim Square, Istanbul, Turkiye pada Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 16:20 waktu setempat (13:20 GMT).

Kawasan itu merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan asing, termasuk WNI, yang melakukan perjalanan wisata ke Istanbul.

Masih dari sumber yang sama, Wakil Presiden Fuat Oktay menduga bahwa ledakan bom merupakan serangan teroris yang dilakukan oleh seorang wanita.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengungkapkan bahwa terdapat seorang wanita yang duduk di bangku di kawasan tersebut selama lebih dari 40 menit.

Beberapa saat setelah wanita itu pergi, ledakan terjadi.

Menurut CBS News, sebuah rekaman yang diunggah secara online menunjukkan ledakan keras dengan kobaran api terlihat di tempat kejadian di Istiklal Avenue, jalan raya populer yang dipenuhi toko dan restoran yang mengarah ke Taksim Square.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved